5 Contoh Prinsip Ekonomi yang Mendasar dalam Kehidupan

Manusia sebagai makhluk sosial dapat bertahan hidup dengan menerapkan contoh prinsip ekonomi dalam kegiatan ekonomi. Oleh sebab itu, mempelajari ilmu ekonomi menjadi standar wajib bagi semua jenjang pendidikan, baik sekolah dasar, sekolah menengah, hingga sekolah tinggi. Walaupun dengan standar yang berbeda dan dengan penamaan materi yang bervariasi.

Pada sekolah dasar misalnya, istilah ilmu ekonomi dalam pembelajaran dikenal dengan materi atau pelajaran IPS, sedangkan pada jenjang sekolah tinggi ilmu ekonomi dikenal dalam mata kuliah ilmu ekonomi itu sendiri. Dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap hari, manusia pastilah menerapkan prinsip ekonomi.

Meskipun banyak dari masyarakat yang tidak sadar telah menerapkan prinsip tersebut dalam setiap bidang ekonomi, seperti produksi, distribusi, serta konsumsi.

Contoh Prinsip Ekonomi dalam Kehidupan Masyarakat

1. Mengorbankan biaya untuk memperoleh sesuatu

Contoh prinsip ekonomi pertama yakni adanya biaya yang perlu dikeluarkan seseorang untuk memperoleh sesuatu. Apabila seseorang menginginkan sesuatu, maka orang tersebut harus mau mengeluarkan biaya dengan jumlah tertentu.

Itulah yang dinamakan kegiatan ekonomi, sedangkan memperoleh sesuatu dari meminta, itu tidak termasuk dalam tindak ekonomi. Istilah barter juga berlaku dalam prinsip ini, sebab barter juga perlu mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang dibutuhkan atau diinginkan.

2. Perdagangan Bagi Sarana Memenuhi Kebutuhan Semua Pihak

Perdagangan hadir sebagai salah satu solusi dalam kegiatan ekonomi untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Setiap orang memiliki jenis barang dagang yang berbeda, dengan adanya variasi tersebut memudahkan masyarakat dalam memilih kebutuhan apa yang ingin dipenuhi.

Sebab, seseorang tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya sendiri. Seorang petani menyediakan kebutuhan pokok seperti nasi, sayur, maupun bumbu dapur, sedangkan nelayan bekerja untuk memperoleh ikan laut.

Maka dirasa mustahil apabila petani tersebut dapat memenuhi kebutuhan ikan lautnya, kecuali dengan membeli dari nelayan.

3. Standar Hidup Negara Bergantung Pada Tingkat Produksi Barang dan Jasa

Contoh prinsip ekonomi selanjutnya adalah standar hidup negara bergantung pada kemampuan dalam memproduksi barang dan jasa. Negara yang dapat menghasilkan barang dan jasa dalam jumlah yang tinggi, maka dipastikan tingkat produktivitas masyarakatnya pun juga tinggi.

Nah, tingkat produktivitas inilah yang memiliki pengaruh besar terhadap pendapatan suatu negara. Semakin tinggi pendapatan rata-ratanya maka standar hidupnya pun semakin baik.

4. Pasar Adalah Sarana Terbaik Untuk Melakukan Koordinasi Ekonomi

Konsep Pasar adalah sarana terbaik untuk melakukan koordinasi ekonomi, merupakan salah satu contoh prinsip ekonomi. Kebijakan pemerintah akan koordinasi pasar terkadang dianggap kurang sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya.

Oleh sebab itu, masyarakat meyakini bahwa perencanaan yang dipegang oleh pasar dan diorganisasikan oleh perusahaan dan ekonomi rumah tangga lebih relevan dalam kegiatan ekonomi sendiri. Sebab pasar rumah tangga selalu terjun secara langsung dalam perkembangan ekonomi masyarakat.

5. Berfikir Rasional Dalam Mengambil Keputusan

contoh prinsip ekonomi
contoh prinsip ekonomi

Seseorang akan berfikir lebih cermat dalam mengambil keputusan yang menentukan adanya keuntungan atau kerugian yang akan diperoleh dari kegiatan ekonomi yang akan dilakukan. Apabila dirasa keputusan yang diambil merugikan, maka keputusan tersebut akan dipertimbangkan kembali.

Namun, apabila kebalikannya maka keputusan tersebut akan dipertahankan.

Itulah tadi beberapa contoh prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Prinsip ekonomi hadir sebagai bentuk konsep dalam menjalankan kegiatan ekonomi yang sesuai dengan teori ekonomi. Oleh sebab itu, prinsip ini berkaitan erat dengan tiga kegiatan pokok dalam melakukan proses ekonomi, yakni produksi, distribusi dan konsumsi.

Leave a Comment