Contoh Biaya Peluang Beserta Pengertian & Ciri-cirinya [Lengkap]

Di dalam ekonomi sendiri terdapat banyak sekali istilah yang harus dimengerti oleh seseorang apabila ingin mengetahui lebih jauh. Salah satunya adalah istilah biaya peluang. Biaya peluang atau dikenal dengan opportunity cost merupakan biaya yang dibutuhkan saat memilih sesuatu. Biaya ini biasanya akan muncul apabila anda tidak akan melakukan suatu kegiatan.

Di kesempatan kali ini kita akan membahas:

  1. Pengertian Biaya Peluang (Opportunity Cost) Menurut Ahli
  2. Contoh Biaya Peluang
  3. Manfaat Biaya Peluang

A. Pengertian Biaya Peluang Menurut Ahli

Adapun beberapa pengertian biaya peluang menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut.

1. N Gregoru Mankiw

Berpendapat apabila Biaya peluang adalah segala sesuatu yang harus anda korbankan untuk dapat mengorbankan sesuatu.

2. Robert B Ekelund

Biaya peluang merupakan biaya yang digunakan dengan memanfaatkan sumber daya ekonomi untuk mencapai tujuan tertentu dan biasanya diukur berdasarkan ukuran keuntungan yang tidak jadi diperoleh karena tidak memilih alternatif tersebut dibandingkan dengan komoditi yang diperoleh.

3. Paul A Samuelson Dan willian D Nordhaus

Sedangkan menurut Paul dan William, biaya peluang merupakan biaya yang muncul karena kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Hal inilah yang menyebabkan manusia mau tidak mau harus memiliki pilihan untuk menentukan prioritas tersebut.

apa pengertian pembiayaan sindikasi

Selain itu biaya peluang juga memiliki beberapa ciri diantaranya adalah Cara menghitung biaya peluang tidak akan selalu dikaitkan dengan uang tetapi juga dapat dihubungkan dengan kebahagiaan, waktu dan keuntungan yang didapatkan di masa mendatang, memiliki banyak kemungkinan, penetapan pilihan biaya peluang akan tergantung maksud dan kondisi setiap orang, serta biaya peluang biasanya merupakan kebutuhan sekunder atau tersier.

B. Contoh biaya peluang

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri dari biaya peluang, kali ini kita juga akan membahas mengenai apa saja contoh biaya peluang yang perlu Anda ketahui. Simak ulasan berikut ini.

Contoh Pertama

1. Marry mendapatkan 3 panggilan kerja sekaligus dalam waktu yang berdekatan setelah menyelesaikan kuliah. Tawaran yang pertama menempati posisi sebagai karyawan lembaga keuangan yang lokasinya jauh dengan rumah tetapi menawarkan gaji hingga 3 juta perbulan.

Sedangkan untuk tawaran yang kedua, dia akan mendapatkan gaji sekitar 2,5 juta dengan lokasi yang jauh dari rumah juga. Untuk pilihan yang ketiga, dia mendapatkan tawaran untuk kerja di perusahaan yang tidak jauh dari rumah dengan gaji 2,5 per bulan.

Hal inilah yang menyebabkan Merry lebih memilih untuk bekerja di perusahaan yang dekat dengan rumah karena tidak perlu membayar biaya kaos ataupun biaya tambahan lainnya. Selain itu ngeri juga dekat dengan keluarga. Jadi biaya peluang yang didapat adalah 5,5 juta.

Contoh Kedua

2. Untuk contoh yang kedua adalah A pergi ke sebuah warung untuk membeli somay. Tetapi ternyata warung tersebut juga menyediakan roti bakar. A Ingin membeli kedua makanan tersebut. Sayangnya uang yang ia bebas hanya cukup untuk membeli salah satu makanan tersebut. Salah satu makanan tersebut

Pengertian Biaya Peluang Menurut Ahli
Pengertian Biaya Peluang Menurut Ahli

Dia akhirnya mempertimbangkan untuk memilih siomay ataukah roti bakar. Si A akhirnya membeli somay dan biaya peluangnya adalah satu porsi roti bakar karena ia gagal untuk membeli roti bakar.

C. Manfaat Biaya Peluang

Berikutnya adalah manfaat yang anda dapatkan dari Menggunakan biaya peluang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Biaya peluang dapat membuka kesempatan usaha dan dapat meminimalisir resiko yang cukup besar Apabila terjadi sesuatu diluar dugaan. Dalam menjalankan sebuah usaha memang tidak dapat terhindar dari resiko tetapi dengan menggunakan biaya peluang, Anda bisa meminimalkan resiko tersebut.
2. Dapat membantu anda untuk mempermudah melakukan perhitungan modal sebagai salah satu faktor terpenting pada bisnis.
3. Akan mempermudah anda dalam menentukan prioritas manakah yang akan dijalani atau dipilih.
4. Dapat menghemat pengeluaran usaha dengan menggunakan biaya peluang.

Itulah ulasan sekilas mengenai pengertian, ciri-ciri serta contoh biaya peluang yang perlu Anda ketahui.

Leave a Comment