Contoh Bab 1 Proposal Penelitian – Ekonomi

Contoh Bab 1 Proposal Penelitian – Bab 1 sangat penting karena ialah yang akan menjadi pondasi dari penelitian kita. Oleh karena itu kita akan membahasnya lengkap di artikel ini. Adapun tema yang kita jadikan contoh dari bab satu ini adalah Ekonomi Islam, dengan tema khusus “Analisa Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Urgensi Penggunaan Kantor Cabang Bank”.

ANDA JUGA BISA MELIHAT CONTOH BAB 1 Proposal Penelitian VERSI PDF lainnya, Lihat Linknya di Bawah

Kerangka Contoh Bab 1 Proposal Penelitian

Adapun elemen-elemen dasar dari bab 1 proposal penelitian adalah sebagai berikut:

  1. Latar Belakang
  2. Rumusan masalah
  3. Tujuan Penelitian
  4. Manfaat Penelitian
  5. Sumber Data Penelitian
  6. Sistematika Penulisan

Kita akan membahas contohnya di bawah ini


ANALISA PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP URGENSI PENGGUNAAN KANTOR CABANG BANK

1.1 Latar Belakang

Teknologi Informasi adalah salah satu teknologi yang paling pesat perkembangannya. Satu dekade lalu kita menemukan internet sebagai barang yang mewah dan langka, sekarang internet sudah menjadi hal yang lumrah di berbagai kalangan masyarakat. Hingga sekarang teknologi informasi terus berkembang baik dari segi teknis, maupun pengimplementasiannya.

Perkembangan ini juga yang banyak mempengaruhi sistem informasi di berbagai lembaga. Dengan perkembangan sistem informasi sekarang ini, kita mendapatkan lebih banyak informasi. Bahkan sekarang informasi sudah tidak tersekat lagi oleh ruang maupun waktu. Informasi juga menjadi lebih general dalam hal pengirim dan penerimanya, tidak membeda-bedakan. Informasi pun mengalami yang namanya globalisasi.

Produk-produk teknologi informasi sekarang menjadi kebutuhan yang sangat diutamakan. Tidak dapat kita pungkiri sekarang kita sedang dikelilingi oleh produk-produk hasil pengembangan teknologi informasi. Mulai dari telepon genggam, komputer, televisi, bulit-in radio dan lain-lain. Ditambah lagi beberapa produk tersebut beberapa sudah mempunyai koneksi ke internet.

Sekarang ini teknologi informasi menyentuh hampir semua aspek dari kegiatan manusia terkait dengan keurgensian informasi itu sendiri. Kita bisa temukan berbagai macam jenis sistem informasi. Sistem informasi sekarang ada sistem informasi rumah sakit, sistem informasi akuntansi, sistem informasi manajemen, dan beberapa lainnya. Pengaruh ini juga dalam hal ekonomi, dalam hal ini yang penulis ingin bahas adalah dalam dunia perbankan dan keuangan.

Jika kita berpikir dengan berbagai macam bank sekarang ini, transaksi keuangan mereka lebih banyak dilakukan dengan kegiatan tanpa tatap muka. Transaksi keungan di lakukan dengan cara online atau dengan mengunakan ATM. Cek dalam bentuk pindaian dan deposit tidak lagi memerlukan slip deposit. Hal ini merubah cara komunikasi antara nasabah dan bank sehingga transaksi juga menjadi lebih cepat. Semua hal itu disebabkan oleh perkembangan hasil teknologi informasi terutama di bidang ekonomi.

Pada dasarnya, perkembangan teknologi dalam bidang pereknomian adalah hal utama pengembangan teknologi informasi. Dalam sebuah redaksi dalam film dokumenter inside job (2010), disebutkan bahwa sebenarnya setelah perang dunia, pengembangan teknologi informasi beralih fokus dari bidang militer ke bidang ekonomi dalam rangka keuntungan. Hal inilah yang mengakibatkan perkembangan pesat di dunia keuangan dan perbankan, terutama dalam hal transaksi.

Menurut Avid Modjtabai, CIO dari Wells Cargo, Teknologi menjadi pengungkit dalam kesuksesan bank. Membawa keuntungan terutama dalam memberikan inovasi dalam produk. Teknologi juga menjadi nilai tambah dalam pelayanan ke konsumen. Teknologi memberikan kapabilitas-kapabilitas kepada perbankan yang tidak dapat didapatkan. Dengan teknologi, menurut beliau, bank dapat menciptakan diferensiasi karena bank dapat menciptakan berbagai produk dan jasa baru.

Di dalam kemajuan ini, bank juga harus mengambil keputusan baru terkait keefektifan dan kefisienan. Dalam hal ini adalah tentang penggunaan kantor cabang. Kantor cabang dibuat ditujukan untuk mempermudah transaksi dengan nasabahnya terkait dengan masalah waktu dan tempat. Tetapi, dengan perkembangan teknologi informasi masalah waktu dan tempat dapat diatasi dengan cara lain yang lebih mudah, seperti dengan menggunakan internet ataupun ATM.

Masalah tentang kantor cabang bank ini ternyata juga diperhatikan oleh sebuah media ahli di bidang perekonomian, The Economist. Dalam situsnya, economist.com, diadakan sebuah debat yang berjudul This house believes that bank branches are obsolete. Di debat itu mereka membahas tentang apakah cabang bank sudah usang atau masih sangat dibutuhkan. Selain itu disediakan juga bagi pembaca untuk memberikan suara dan argumen. Yang cukup mengagetkan ternyata 40% dari pembaca setuju bahwa cabang bank sudah usang. Bahkan ada salah satu dari mereka yang mengatakan bahwa mereka tidak pernah mengunjungi kantor bank selama setahun.

Dari debat dan hasil voting di economist.com, penulis tertarik untuk meneliti fakta di lapangan selama dekade terakhir ini. apakah cabang bank berkurang baik kuantitas maupun keefektifannya atau tidak, terutama di negara Indonesia yang belum begitu maju baik dalam teknologi informasi maupun keuangan. Penulis berharap bisa memunculkan manfaat dari pengetahuan tersebut, terutama dalam bidang keuangan.

1.2 Rumusan Masalah

Berikut beberapa masalah yang penulis rumuskan yang akan dicoba dipecahkan untuk mendapatkan jawaban :

  1. Bagaimanakah perkembangan teknologi perbankan selama ini dan perkiraan kedepannya ?

  2. Bagaimanakah pendapat para nasabah tentang urgensi penggunaan kantor cabang ?

  3. Bagaimanakah selama ini cara nasabah dalam menggunakan produk dan jasa perbankan ?

  4. Bagaimanakah nasib kantor cabang bank dalam sepuluh tahun terakhir ?

1.3 Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui kemungkinan- kemungkinan usangnya fungsi-fungsi keuangan di perbankan.
  2. Untuk mengetahui dampak perkembangan teknologi dalam bidang ekonomi khususnya perbankan.
  3. Untuk mengukur kecenderungan cara nasabah bank dalam bertransaksi.
  4. Untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi dalam tingkat keuntungan bank.
  5. Untuk mengetahui perkembangan-perkembangan dalam fungsi di suatu lembaga keuangan.
  6. Untuk Mengukur tingkat keusangan suatu cabang bank seiring dengan kemajuan teknologi.

1.4 Manfaat Penelitian

Penulis berharap penelitian ini dapat bermanfaat bagi beberapa kalangan, khususnya kalangan berikut ini :

  1. Bagi penulis, Penelitian bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan pengetahuan penulis sekaligus untuk memenuhi syarat perkuliahan.

  2. Bagi akademisi, diharapkan menjadi pengetahuan tambahan bagi mereka juga sekaligus menjadi referensi karya ilmiah lainnya baik dalam rangka tugas maupun bukan.

  3. Bagi Lembaga institusi khususnya Bank, diharapkan menjadi sebuah acuan yang informatif dalam pengambilan keputusan, pemeliharaan maupun pengembangan terutama dalam hal ini adalah tentang kantor cabang bank.

  4. Bagi masyarakat dapat mengetahui secara umum perubahan kebiasaan hidup mereka dalam bertransaksi maupun berkomunikasi dengan lembaga keuangan.

1.5 Sumber Data Penelitian

  1. Data primer

Adalah data yang diperoleh dari secara langsung dari objeknya. Dalam hal ini objeknya adalah bank-bank baik konvensional maupun syariah yang ada di kota-kota besar. Data yang dianalisis adalah data tentang jumlah, keadaan, frekuensi transaksi kantor cabang bank selama sekitar satu dekade terakhir.

  1. Data sekunder

Adalah data yang diperoleh dari literatur, koran, buku, internet, dan bacaan lain yang mendukung penelitian ini

Data pada penelitian ini bersumber dari literatur-literatur maupun laporan dari lapangan..

1.6 Sistematika Penulisan

Bertujuan untuk mempermudah penjelasan dan pemahaman ide dari penelitian, penulis mencoba menyusun sistematika penulisan yang terdiri dari lima bab yaitu sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

Pada bab ini penulis akan menguraikan latar belakang penelitian yang menjelaskan motivasi penulis melakukan penelitian yang menjelaskan motivasi penulis melakukan penelitian, tujuan penelitian, kegunaan penelitian, manfaat penulisan dan sistematika penulisan.

BAB II : KAJIAN PUSTAKA

Bagian ini berisi penjelasan tentang pengertian Bank dan kantor cabang bank, kerangka teoritis, dan alur pikir penelitian.

BAB III : METODOLOGI PENELITIAN

Bab ini meliputi jenis dan sumber data, metode analisis dan pengolahan data, hipotesis, teknik pengumpulan data dan tahapan analisis.

BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN ANALISIS PEMBAHASAN

Bagian ini menjelaskan tentang cara dalam menganilisis data serta interpretasi dari hasil penelitian.

BAB V : PENUTUP

Pada bab ini penulis menjelaskan tentang kesimpulan dari hasil penelitian serta beberapa saran yang diusulkan penulis bagi perusahaan yang bersangkutan maupun bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian serupa.

DAFTAR PUSTAKA

Meliputi referensi/sumber-sumber data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini.


Contoh Bab 1 Proposal Penelitian PDF

Telah kita bahas tentang contoh bab 1 alias pendahuluan dari sebuah proposal penelitian. Adapun bagi Anda yang ingin melihat contoh bab 1 proposal lainnya bisa melihatnya, dengan mendownload lampiran yang kami berikan. Untuk mendapatkannya silahkan download di: Bab 1 Proposal Penelitian Versi PDF

Seperti itulah contoh dari bab 1 proposal penelitian. Teman-teman silahkan mengikuti formatnya, semoga bermanfaat.

Leave a Comment