Ini Dia 5 Cara Mengirim Surat Lamaran Lewat Pos (Praktis)

Setiap perusahaan umumnya memiliki standar dan caranya masing-masing untuk bisa mendapatkan karyawan. Salah satunya adalah cara pengiriman surat lamaran kerjanya. Pencari kerja dapat mengirimkan surat lamaran secara langsung, tapi juga bisa mengirim melalui pos.

Cara mengirim surat lamaran lewat pos sendiri sebetulnya mudah saja. Meski demikian ternyata masih banyak pencari kerja yang kerap bingung.

Langkah Mengirim Surat Lamaran Lewat Pos Secara Simpel

Saat ini banyak sekali perusahaan hingga instansi yang sudah memberi kemudahan untuk pelamar kerja dalam pengiriman surat lamaran kerjanya. Memang ada beberapa yang menggunakan cara online mengingat kini sudah zamannya teknologi.

Tapi, cara lama yakni dengan mengirim surat lewat pos masih lebih banyak dipakai. Hal ini karena cara mengirim surat lamaran lewat pos sangat mudah dan simpel serta lebih terlihat resmi.

Mengingat surat yang Anda kirim adalah surat lamaran kerja, maka tentu cara mengirimnya pun tidak boleh sembarangan. Berikut ini tahap dan cara mengirim surat lamaran lewat pos yang harus Anda tahu:

1) Susun amplop lamaran yang akan dikirim melalui Pos Indonesia

Hal yang pertama dan wajib untuk diperhatikan yakni dengan menyusun amplop lamaran yang akan Anda kirimkan nantinya melalui Pos Indonesia. Pakailah amplop ukuran besar yakni satu folio sehingga berkas lamaran muat di dalamnya serta tidak terlipat.

Kondisi surat lamaran pun akan terjaga utuh serta rapi.

2) Warna amplop formal

Saat ini sudah ada amplop dengan berbagai macam warna dan juga motif. Untuk kebutuhan formal, amplop warna coklat direkomendasikan untuk dipergunakan.

Amplop warna coklat lebih terlihat resmi dibandingkan dengan amplop warna lainnya.

3) Peletakan nama pengirim dan penerima

Jangan lupa juga untuk memperhatikan peletakan nama pengirim dan juga penerimanya. Pastikan untuk menulis nama manager dari HRD ataupun personalia dengan jelas di surat yang Anda kirimkan. Untuk posisi peletakannya yakni di bagian amplop depan.

Alamat dan juga nomor telepon lengkap pun harus tertulis di sana sehingga bisa dihubungi ketika nantinya ada yang kurang jelas. Umumnya saat ini banyak perusahaan yang memberikan nomor telepon sehingga nantinya suratnya tidak salah alamat dan tujuan.

4) Cek kembali sebelum dikirim

Sebelum Anda mengirim surat lamaran tersebut melalui pos Indonesia, ada baiknya jika Anda mengecek kembali seluruh kelengkapannya. Jangan lupakan fotokopi KTP, KK, ijazah, pas foto, daftar riwayat hidup, hingga surat lamaran Anda di dalam amplopnya.

Ada beberapa perusahaan yang menerapkan syarat khusus tambahan misalnya sertifikat tertentu hingga surat dokter yang juga tak boleh dilupakan.

cara mengirim surat lamawan lewat pos
cara mengirim surat lamawan lewat pos

5) Waktunya mengirim surat lamaran

Jika semua berkas sudah siap, maka langsung datang saja ke kantor Pos Indonesia yang terdekat. Cara mengirim surat lamaran lewat pos pun mudah saja karena Anda bisa langsung menyampaikan maksud dan tujuan kepada petugas Pos.

Nantinya petugas akan memberikan pilihan pengiriman misalnya biasa atau ekspres dimana harganya juga berbeda. Jika sudah, Anda tinggal membayar dan mendapatkan bukti pembayaran serta nomor resi pengiriman.

Anda tentu was-was dan khawatir terkait sampainya surat tersebut ke tujuan atau tidak. Untuk itulah Pos Indonesia sudah menyediakan opsi tracking secara online. Anda bisa membuka situs Pos Indonesia dan memasukkan nomor resi pengiriman.

Disitu Anda akan bisa melihat sudah sampai mana surat tersebut. Ternyata cara mengirim surat lamaran lewat pos sangat mudah bukan?

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER