5 Cara Mengikhlaskan Uang yang Hilang Agar Mudah

Tidak ada yang lebih baik dibanding hati yang ikhlas. Tetapi apakah menerima kehilangan salah satunya kehilangan uang, dengan ikhlas merupakan sesuatu yang mudah? Tidak bukan. Menjadi orang yang ikhlas cukup sulit.

Tetapi, meskipun sulit, bukan berarti tak mungkin loh. Secara bertahap diiringi rasa tulus dan sabar pasti lama-lama kamu ikhlas. Ikhlas juga perlu diiringi dengan hati yang lapang dan senantiasa berfikir positif.

Inilah Cara Mengikhlaskan Uang yang Hilang

Berikut ini cara mengikhlaskan uang yang hilang.

1. Jangan berharap kembali dan sibukan diri

Terkadang memang bukan hal yang sepele untuk bisa melupakan uang yang telah hilang. Namun, salah satu cara untuk bisa melupakan hal tersebut yakni dengan cara melupakannya dan jangan pernah mengharapkan uang itu kembali. Berpikirlah jika uang yang telah hilang tidak akan kembali dan pasti akan ada gantinya.

Jangan buang waktumu untuk menyesali kejadian tersebut. Coba untuk mencari kesibukan agar kamu lupa kejadian tersebut. Tanpa kamu sadari, kesibukan yang kamu kerjakan justru jauh lebih bernilai ketimbang uang yang hilang.

2. Yakinlah Tuhan akan menggantinya dengan yang lebih baik

Cara mengikhlaskan uang yang hilang selanjutnya yakni dengan menanamkan mindset bahwa Tuhan akan menggantinya dengan yang lebih baik. Mungkin ketika kehilangan uang, kamu berfikir jika tidak akan mendapatkan pengganti. Jangan berfikir begitu.

Karena Tuhan tidak akan mengambil apapun dari seseorang kecuali telah menyiapkan pengganti yang lebih baik. Berprasangka baiklah kepada Tuhan. Semua yang terjadi mungkin buruk menurutmu, tetapi itulah yang terbaik untukmu menurut Tuhan.

3. Latihan sedekah untuk mengurangi kecintaan terhadap harta

Cara mengikhlaskan uang yang hilang lainya adalah dengan membiasakan diri untuk bersedekah dan berbuat baik. Kenapa mesti sedekah?

Karena kebiasaan ini bisa mengurangi bahkan menghilangkan kecintaan seseorang terhadap harta dan sifat kikir. Harta itu tidak akan berkurang karena disedekahkan, malah makin bertambah. Sedekan akan mengurangi rasa sakit karena kehilangan uang dan meningkatkan kualitas hidup kamu.

4. Mencari tahu pesan dibalik kehilangan

Daripada terus mengeluh dan stress, cara mengikhlaskan uang yang hilang yang bisa kamu lakukan yakni cari sisi positifnya dengan melihat pesan dibalik kehilangan. Mungkin Tuhan ingin uang yang dititipkan kepada kamu itu digunakan untuk kebaikan dan dengan cara yang baik.

Sudahkah uangmu itu digunakan dengan baik? Karena titipan Tuhan jika digunakan untuk jalan yang tidak dikehendaki-Nya akan membuat hilangnya rahmat dan kenikmatan.

5. Jika itu milikmu tidak akan kemana

Ungkapan ini seringkali disampaikan orang ketika mereka kehilangan sesuatu. Ucapan ini benar dan sebaiknya dijadikan suatu keyakinan bahwa segala sesuatu sudah ditakdirkan oleh Tuhan. Semua manusia sudah dijamin rezekinya.

cara mengikhlaskan uang yang hilang
cara mengikhlaskan uang yang hilang

Keyakinan ini harus ditanamkan dalam hati bahwa kalau sudah rezeki tidak akan kemana. Meski dalam perjalanan direbut orang, jika itu milikmu, dia akan kembali menghampiri kamu. Sesuatu yang memang sudah digariskan menjadi milik kamu, pasti didapat.

Tetapi jika bukan milikmu apalagi dengan cara mengambil secara paksa dari orang lain, tunggu saja, pasti kamu akan menyesal di kemudian hari.

Demikian beberapa cara mengikhlaskan uang yang hilang. Kehilangan uang itu tidak seberapa dibanding hilangnya hati yang lapang dan keberkahan dari Tuhan. Maka dari itu, ikhlaskan sesuatu yang sudah hilang dan jalani hidup seperti seharusnya karena masih banyak hal penting lain yang bisa dikerjakan.

Leave a Comment