Inilah 5 Cara Menghemat Minyak Bumi Agar Tidak Punah

Minyak bumi merupakan minyak yang dihasilkan dari lapisan kerak bumi. Minyak bumi berasal dari fosil sisa tulang belulang binatang maupun tumbuhan yang mati terpendam sekitar 150 juta tahun silam. Pembentukan minyak bumi memakan waktu jutaan tahun. Minyak bumi biasanya dijadikan berbagai macam bahan bakar seperti minyak tanah, bensin, dan sebagainya.

Bahan bakar tersebut digunakan untuk menunjang kebutuhan transportasi, rumah tangga sampai perindustrian. Disamping manfaatnya yang cukup penting untuk keberlangsungan hidup manusia, pemakaian minyak bumi yang berlebih akan menyebabkan pencemaran lingkungan. Kini, minyak bumi semakin langka seiring kebutuhan manusia yang terus meningkat.

Cara Menghemat Minyak Bumi yang Bisa Anda Lakukan

Untuk meminimalisir pemakaian minyak bumi yang tak terkendali, baiknya lakukan upaya preventif untuk mencegah minyak bumi semakin langka. Berikut ini cara menghemat minyak bumi yang bisa Anda lakukan:

1. Gunakan dengan bijak dan secukupnya

Salah satu cara menghemat minyak bumi yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan minyak bumi secara bijak. Maksudnya, gunakan minyak bumi untuk hal-hal yang bersifat fundamental dan dibutuhkan manusia. Penggunaannya juga tidak boleh berlebihan, karena akan berdampak timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Menggunakan bahan bakar alternatif

Memanfaatkan energi alternatif pengganti minyak bumi juga merupakan cara lainnya untuk menghemat minyak bumi. Bahan alternatif yang bisa digunakan haruslah yang perolehanya lebih mudah dan lebih cepat. Karena minyak bumi sendiri perolehanya memakan waktu yang sangat lama.

Contoh bahan bakar alternatif yang bisa digunakan adalah biogas. Biogas dihasilkan dari bahan biotik yang cara memperolehnya relatif lebih mudah dan tidak takut jika kehabisan. Bahan pembuatan biogas berasal dari kompos atau sisa-sisa sampah hijau, kotoran binatang ternak, dan sebagainya.

Selain cara memperolehnya lebih mudah, bahan baku biogas juga lebih murah daripada minyak bumi.

3. Membuat peraturan yang tegas mengenai penggunaan gas alam

Cara menghematan minyak bumi selanjutnya yakni membuat peraturan yang jelas dan tegas mengenai penggunaan minyak bumi. Peraturan pemerintah yang mempunyai sanksi tegas akan membatasi penggunaan gas alam agar lebih terkondisikan.

4. Menghemat penggunaan listrik

Menghemat listrik akan membantu mengatasi kelangkaan minyak bumi. Hal ini karena sebagian besar pembangkit listrik menggunakan diesel. Diesel sendiri bergerak dengan bahan bakar yang berasal dari minyak bumi. Semakin banyak listrik yang digunakan, semakin besar pula minyak bumi yang dikeluarkan.

Matikan komputer, air, televisi, lampu dan peralatan elektronik lain jika tidak digunakan. Anda juga bisa menggunakan desain rumah yang hemat energi, yang memungkinkan tidak menyalakan lampu saat siang hari. Sebagai pengganti AC, buatlah rumah dengan ventilasi yang cukup untuk membuat ruangan sejuk secara alami.

Selain menghemat minyak bumi, menghemat penggunaan listrik juga bisa mencegah global warming.

5. Menggunakan kendaraan umum

Cara menghemat minyak bumi lainya, gunakanlah fasilitas kendaraan umum. Semakin banyak pengguna kendaraan pribadi yang tak terkendali akan berdampak negatif yakni penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar semakin banyak. Kurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Jika bepergian sendiri, gunakan transportasi umum. Atau jika bepergian bersama, cukup gunakan satu mobil saja.

cara menghemat minyak bumi
cara menghemat minyak bumi

Demikian ulasan mengenai cara menghemat minyak bumi agar keberadaanya tidak semakin langka. Bebearapa hal diatas akan membantu menghemat minyak bumi sehingga anak cucu kita nantinya bisa merasakan manfaat dari hasil bumi tersebut.

Cara melestarikan minyak bumi bisa dimulai dari diri sendiri yakni dengan meningkatkan kesadaran diri mengenai pentingnya penggunaan minyak bumi secara tepat dan efisien.

Leave a Comment