Enam Cara Mengetahui Nomor Rekening Seseorang dengan Mudah

Saat ingin melakukan sebuah transaksi dan membutuhkan nomor rekening tentu Anda harus mengingatnya. Jika lupa bisa saja transaksi tidak bisa dilakukan atau malah dibatalkan.

Namun, tenang saja karena masih ada beberapa cara mengetahui nomor rekening seseorang. Cara-cara dibawah ini bisa dilakukan ketika lupa berapa nomor rekening Anda dan orang lain.

6 Cara Mengetahui Nomor Rekening Seseorang

1. Buku Tabungan

Cara pertama dan paling mudah untuk mengetahui nomor rekening adalah menggunakan buku tabungan. Selain berisi catatan saldo serta transaksi yang pernah dilakukan, buku tabungan juga memiliki informasi mengenai nomor rekening pemiliknya. Nomor rekening ini terletak di balik cover buku tabungan.

2. ATM

Cara mengetahui nomor rekening sesorang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan mesin ATM. Selain berfungsi untuk melakukan penarikan, transfer, dan cek saldo mesin ATM juga bisa dipakai untuk mengecek nomor rekening.

Tentu saja untuk melakukan cara ini Anda harus mendatangi ATM terdekat. Caranya sangat mudah, Anda tinggal melakukan login dan memilih menu Mutasi Rekening. Disana akan tertera nomor rekening Anda dan riwayat transaksi yang pernah dilakukan.

3. Mobile Banking

Kemajuan teknologi juga merambah dunia perbankan. Saat ini smartphone atau tablet bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan termasuk mengecek nomor rekening.

Cara mengetahui nomor rekening sesorang menggunakan smartphone sangat praktis untuk dicoba. Namun, sebelumnya Anda harus memiliki aplikasi Mobile Banking dari bank tertentu. Kemudian Anda wajib mendaftarkan diri melalui ATM atau kantornya langsung pada aplikasi tersebut.

Untuk melakukan cek nomor rekening tinggal masuk ke aplikasinya kemudian pilih Mobile Banking dan klik info saldo. Setelah itu tinggal menunggu sms dari pihak bank yang berisi nomor rekening dan informasi saldo.

4. Internet Banking

Fasilitas internet dalam smartphone atau tablet juga bisa dipakai untuk mengecek nomor rekening seseorang. Melalui internet banking nomor rekening seseorang bisa dicari dengan mudah.

Pertama Anda harus memiliki akun internet banking. Cara mendapatkannya bisa dengan mendaftarkan diri melalui ATM atau datang langsung ke kantor cabang bank yang bersangkutan. Setelah mendapatkan akun Internet Banking, ketik alamat situs bank dan lakukan login.

Pada halaman muka website terdapat nomor rekening Anda. Sama seperti Mobile Banking, Anda juga bisa melihat rekening orang lain dari riwayat transaksi.

5. Call Center

Agar nasabah bisa melakukan komunikasi dengan bank lebih mudah terdapat fasilitas call center yang bisa digunakan. Sebenarnya banyak layanan bank yang bisa dipakai melalui call center meskipun biasanya nasabah hanya memakainya untuk memblokir kartu ATM karena hilang.

cara mengetahui nomor rekening seseorang
cara mengetahui nomor rekening seseorang

Padahal call center juga bisa dipakai sebagai cara mengetahui nomor rekening seseorang. Tentu saja Anda harus tahu berapa nomor call center dari bank tersebut. Jangan lupa untuk menyiapkan KTP jika sewaktu-waktu ditanyai tentang identitas diri.

6. Datang ke Bank

Jika cara-cara diatas tidak bisa Anda lakukan masih ada opsi terakhir yaitu datang langsung ke kantor bank terdekat. Anda bisa menanyakannya di bagian Teller atau Costumer Service. Namun jangan lupa untuk membawa KTP untuk proses validasi data.

Itulah beberapa cara mengetahui nomor rekening seseorang. Dari berbagai cara diatas, Anda tinggal memilih cara mana yang paling disukai. Jika tidak mau ribet Anda bisa menggunakan fasilitas internet banking dan mobile banking.

Saat sedang berada didekat mesin ATM atau kantor bank Anda tinggal mendatanginya.

Leave a Comment