Cara Mendaftarkan Merk Dagang Paling Tepat Untuk Bisnis Anda

Jika Anda memiliki sebuah usaha yang menghasilkan produk, maka harus mengetahui cara mendaftarkan merk dagang agar tidak diakui oleh brand lainnya.

Merk barang memang dapat dikatakan menjadi suatu hal yang penting dalam sebuah usaha, mengapa dmeikian? Hal tersebut tentunya dikarenakan merk dagang mampu membedakan dengan jenis produk yang lainnya. Keuntungan yang dapat diperoleh dari memiliki sebuah merk adalah dapat meningkatkan nilai jual yang tinggi dibandingankan dengan produk yang tidak memiliki merk dagang. Cara mendaftarkan merk dagang memang cukup mudah, tetapi untuk mendapatkan keuntungan Anda juga harus mengeluarkan biaya dalam mendaftarkan merk produk.

Biasanya dengan adanya merk dagang maka akan membuat banyak orang lebih tertarik untuk membelinya. Sebenarnya keuntungan yang diperoleh dari mendaftarkan merk dagang adalah bisa memiliki hak cipta yang mampu melindungi produk dagangan Anda dari pengakuan orang lain, selain itu dengan adanya merk dagang maka mampu membuat banyak orang lebih percaya dengan produk Anda. Dijamin dengan mendaftarkan merk dagang maka akan membuat jumlah omset penjualan semakin besar.

Cara Mendaftarkan Merk Dagang Paling Tepat

Ada beberapa langkah yang harus Anda lewati dalam mendaftarkan mer produk dagang dengan cara yang paling tepat, untuk mengetahui lebih jelasnya mari simak penjelasannya berikut ini.

(1) Mengajukan Permohonan Merk

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mendaftarkan merk dagang adalah mengajukan permohonan merk pada HaKi atau hak atas kekayaan intelektual. Anda harus memilih nama untuk merk dagang dari produk Anda. Pilihlah nama yang belum dimiliki oleh merk dagang perusahaan yang lain. Jika Anda memilih nama merk yang sudah disetujui oleh HaKi maka proses permohonannya akan dilaksanan paling lama hingga waktu 12 bulan.

(2) Melengkapi Syarat Dokumen

Langakah selanjutnya dalam cara mendaftarkan merk dagang, Anda harus melengkapi syarat dokumen yang terdiri dari KTP, NPWP, dan juga masih banyak dokumen yang lainnya. Ada banyak sekali dokumen yang harus dikumpulkan dalam mendaftarkan merk dagang. Nah, sekarang ini untuk mendaftarkan merk dagang Anda bisa melihat berbagai syaratnya secara online dengan membuka situs resmi dari HaKi si pembuat hak atas kekayaan intelektual.

Cara Mendaftarkan Merk Dagang
Cara Mendaftarkan Merk Dagang

(3) Mengajukan Tanggal Penerimaan

Setelah Anda melengkapi syarat dokumen, maka selanjutnya Anda bisa mengajukan tanggal penerimaan. Apabila Anda sudah mendaftarkan merk dagangan yang sudah disetujui dengan melengkapinya dengan beberapa dokumen yang telah ditentukan maka selanjutnya tuliskan pengajuan tanggal penerimaan.

Proses paling cepat dalam pembuatan nama merk dagangan bisa mencapai 12 bulan, namun jika prosesnya begitu sulit karena ada kesamaan nama produk Anda dengan yang lainnya maka proses penerimaan pembuatan merk bisa sampai 16 bulan hingga 24 bulan.

(4) Mengisi Formulir Pendaftaran

Setelah Anda melakukan permohonan pembuatan merk dagang dengan melengkapi keseluruhan dokumen, dan telah mengajukan tanggal penerimaan maka selanjutnya mengisi formulir pendaftarannya. Biasanya formulir ini berisi data mengenai perusahan dan produk yang dihasilkan. Oleh karena itu, Anda memang harus mengisinya secara tepat agar kebenarannya dapat dipercaya oleh pihak HaKI sehingga proses pembuatan merk dagang semakin cepat.

(5) Melakukan Pembayaran Biaya Pendaftaran

Pada tahap terakhir dalam pembuatan merk dagang, maka lakukanlah pembayaran biaya pendaftaran yang ditentukan oleh HaKI. Harga pembayaran membuat merk dagang memang cukup mahal, bahkan biasnaya harga ditentukan untuk setiap 10 produk dagangan selanjutnya harus membayar produk tambahan. Walaupun harus mengeluarkan biaya yang mahal, tetapi tak perlu merasa khawatir keuntungan yang Anda dapatkan cukup banyak.

Demikian penjelasan mengenai cara mendaftarkan merk dagang yang paling tepat untuk Anda lakukan untuk mendapatkan hak atas kekayaan intelektual dengan beberapa langkahnya yang sangatlah mudah.

Leave a Comment