Inilah Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis Untuk Penelitian Anda

Jurnal merupakan artikel yang ditujukan untuk bidang akademis yang ditulis oleh seorang penulis jurnal. Tentu ilmu yang dibahas harus sesuai dengan kemampuan atau bidang yang dikuasai oleh penulis tersebut.

Jadi, untuk mendapatkan nilai kebenarannya, Anda harus mencarinya dengan sumber terpercaya.

Bagaimana Sih Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis Untuk Skripsi atau Tesis Anda?

Bagi Anda yang sedang bingung cara mencari jurnal internasional gratis untuk kebutuhan bahan skripsi atau tesis, ada baiknya Anda mencari tahunya terlebih dahulu di tips-tips di bawah ini.

A. Cek layanan jurnal di kampus Anda

Jika Anda masih duduk di bangku kuliah, cobalah cek terlebih dahulu apakah kampus Anda mengikat kerja sama dengan website jurnal lokal maupun internasional. Sebagian besar universitas di Indonesia sebenarnya memiliki partner yang menyediakan jurnal-jurnal internasional, baik itu secara berbayar maupun gratis.

Jurnal bisa menjadi sangat penting kalau Anda ingin membuat skripsi atau tesis
Jurnal bisa menjadi sangat penting kalau Anda ingin membuat skripsi atau tesis

Manfaatkan fasilitas kampus Anda tersebut, dibandingkan Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mencari jurnal yang Anda butuhkan. Kalau Anda baru pertama kali atau belum tahu caranya, ada baiknya Anda menanyakannya terlebih dahulu ke bagian kampus yang mengurusnya.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan jurnal internasional dengan mudah dan gratis.

B. Mencarinya di IEEE

Kalau di kampus Anda tidak menyediakan fasilitas jurnal gratis, situs IEEE bisa menjadi solusi terbaik Anda. IEEE atau Institute of Electrical and Electronics Engineers merupakan penyedia jurnal secara internasional terbesar di situs-situs manapun. Anda bisa menemukan berbagai bidang ilmu yang diinginkan dan pastinya tersedia dengan berbagai bahasa.

Jurnal-jurnal yang terdapat di situs IEEE ini semuanya sangat berkualitas dan terpercaya, sehingga tidak heran kalau banyak mahasiswa dari negara pun yang mencari bahan skripsi atau tesisnya dari situs ini. Dengan begitu, isi skripsi atau tesis Anda pun juga sama berkualitas dan bermanfaat.

C. Memanfaatkan mesin pencari Citeseerx

Fasilitas lain dalam mencari jurnal internasional yang perlu Anda ketahui adalah di mesin pencari Citeseerx. Mesin pencari ini sistem kerjanya sama dengan Google, hanya saja yang membedakannya adalah situs ini khusus untuk Anda yang ingin mencari jurnal-jurnal saja.

Jika Anda ingin mencari jurnal dengan bidang ilmu tertentu, Anda bisa memasukkan kata kuncinya ke kolom pencariannya. Setelah itu, situs ini akan bekerja mencari jurnal-jurnal yang sesuai dengan kata kunci yang Anda inginkan. Cukup dengan memasukkan keyword saja, jurnal yang Anda inginkan pun sudah terkumpul.

Anda hanya cukup memilihnya saja sesuai dengan isi dan konsep rancangan skripsi atau tesis yang sudah dibuat. Namun, situs ini menyediakan jurnal yang kurang up date, sehingga Anda pun juga perlu mencarinya lagi di situs yang lain.

Meskipun begitu, Anda masih tetap bisa memanfaatkannya secara gratis dan Anda bisa mendownload file dokumennya secara cuma-cuma. Sangat mudah dan gratis, bukan?

D. Mencarinya di Science Direct

Selain Citeseerx, terdapat situs Science Direct yang bisa Anda manfaatkan secara cuma-cuma. Anda akan menemukan banyak sekali koleksi jurnal dari berbagai negara dan bidang ilmu, sehingga akan sangat mudah sekali Anda menemukan bidang yang diinginkan.

Carilah jurnal gratis di situs-situs terpercaya
Carilah jurnal gratis di situs-situs terpercaya

Selain secara gratis, situs ini juga menyediakannya secara berbayar. Tentu saja fasilitas yang diberikan akan berbeda dibandingkan Anda yang memakainya secara gratis. Namun, tetap saja, semua isinya up to date, sehingga Anda bisa mendapatkan sumber yang terpercaya.

Dengan adanya beberapa referensi cara mencari jurnal internasional gratis, Anda sudah tidak perlu bingung lagi mencari sumber jurnal dari mana. Tidak perlu membayar mahal, Anda pun akan mendapatkan isi jurnal yang terpercaya dan hasil skripsi atau tesis pun bisa tetap sempurna.

Leave a Comment