5+ Cara Meminta Uang yang Baik Kepada Orang Tua

Sebagai orang tua pasti akan melakukan apa saja untuk membantu anaknya, apalagi saat mereka dalam posisi kesulitan finansial. Jika kamu punya alasan yang logis dan begitu penting pasti mereka akan memberikanmu uang. Jangan lupa bersikap sopan dan menjelaskan rencana pengembalian secepat mungkin untuk meyakinkan mereka.

Rasa terimakasih dan menepati janji akan memberikan kesan baik diri kamu dan membuat mereka mau memberikan pinjaman lagi sewaktu-waktu. Berikut ini beberapa cara meminta uang yang baik kepada orang tua.

Inilah Cara Meminta Uang Yang Baik Kepada Orang Tua

1. Pertimbangkan perilaku kamu selama ini

Apakah kamu lebih sering bergantung pada orang tua atau mandiri? Mungkin kebanyakan orang tua lebih suka memberikan apa yang kamu mau jika kamu lebih mandiri dan tidak selalu bergantung pada mereka. Jika kamu jarang membantu di rumah, kerjanya main terus, mungkin mereka tidak akan memberikan uangnya kepadamu.

Jika kamu merasa perilakumu kurang baik selama ini, coba perbaiki dulu secara bertahap. Kamu bisa memulainya dengan membantu memasak, mencuci piring, atau melakukan tugas rumah tangga lainnya. Jika kamu tidak tinggal serumah, cari cara lain untuk menyenangkan mereka seperti menjawab telepon dengan bahasa yang halus.

Sebaiknya kamu tidak mendadak menelpon setelah berbulan-bulan lamanya tidak ada kabar hanya untuk meminta uang.

2. Berikan alasan terbaik dan rasional

Cara meminta uang yang baik berikutnya yakni dengan memberikan alasan yang logis. Jika alasan kamu meminta uang kepada orang tua cukup jelas dan krusial, mereka juga akan responsif. Misalnya kamu meminta uang untuk membeli laptop baru.

Mungkin mereka akan senang membelikanmu laptop baru jika kamu menjelaskan dengan adanya laptop baru akan membantumu lebih cepat dan berhasil dalam melakukan pekerjaan atau mengerjakan tugas kuliah. Jika membutuhkan uang untuk membayar kos atau membeli kebutuhan pokok, jelaskan kepada mereka mengapa kamu berada dalam kondisi sulit.

Mungkin hati mereka akan terenyuh dan bersedia memberikanmu uang.

3. Tunjukkan bahwa kamu sudah melaksanakan kewajibanmu

Cara meminta uang yang baik, akan terasa lebih baik lagi dengan menyampaikan niatmu untuk membayar setidaknya setengah dari yang dibutuhkan. Tabunglah uang sebanyak mungkin agar orang tua hanya menambahkan sisanya saja.

Mereka mungkin akan responsif melihat kamu sudah berjuang membayar semampumu.

4. Rencanakan cara mengembalikan uang

Jika meminta pinjaman,bukan pemberian, mungkin orang tua berpikir bahwa suatu hari kamu akan mengembalikanya. Kamu bisa memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk menabung sehingga bisa memberitahukan kepada mereka kapan kira-kira bisa mengembalikan uang yang dipinjam.

Atau kamu bisa melakukan pengembalian dengan cara mencicil. Mungkin hal ini bisa lebih ringan dan terasa mudah untuk mengembalikan uang mereka tepat waktu.

5. Pastikan mereka mampu memberikannya

Kamu pasti sudah punya gambaran bagaimana kondisi keuangan orang tuamu. Tapi jangan berasumsi dulu bahwa mereka bisa memberikan kamu uang dengan nominal besar. Jika menurutmu kondisi keuangan mereka sedang bagus, Cara meminta uang yang baik, tanyakan lebih dulu apakah mereka bisa memberikan uang dengan jumlah yang kamu minta.

Mungkin mereka tidak akan menyanggupinya, atau mungkin saja mereka menyanggupi dengan memberikan sebagian dari jumlah yang kamu minta. Jangan sampai mengamuk jika orang tua menolak permintaanmu. Mungkin kondisi finansial mereka sedang seret.

cara meminta uang yang baik
cara meminta uang yang baik

6. Ucapkan terima kasih

Jika orang tuamu memutuskan untuk memberikan uang, jangan lupa ucapkan terimakasih. Jika kamu sudah bekerja, mungkin mereka sudah tidak berkewajiban lagi mencukupi kebutuhan finansialmu. Lebih baik lagi jika kamu mengirimkan ucapan terimakasih kepada mereka. Dengan sikapmu yang demikian, mungkin mereka merasa ingin membatu kamu lagi di lain waktu.

Itu dia, cara meminta uang yang baik kepada orang tua. Bersikap dan bicaralah dengan sopan saat menyampaikan permintaanmu. Jika kamu benar-benar membutuhkannya, mereka pasti akan mengusahakannya.

Leave a Comment