Budget Pernikahan 15 Juta Cukup? Ini Rinciannya

Pernikahan merupakan salah satu hal yang dinantikan atau diidam-idamkan oleh semua pasangan. Untuk saling mengucapkan janji untuk hidup bersama. Hal yang tak kalah penting dari proses pernikahan adalah dana yang dimiliki untuk menggelar acara suci tersebut. Budget pernikahan seseorang tentu akan berbeda satu sama lain.

Tips Menggelar Acara Nikah Budget 15 Juta-an

Apabila anda memiliki dana yang terbatas maka anda tidak perlu khawatir tidak akan bisa menggelar acara tersebut. Dibandingkan dengan meminjam dana, ada baiknya anda dan pasangan menabung terlebih dahulu agar setelah menikah tidak dipusingkan dengan urusan membayar uang pinjaman tersebut.

Bahkan dengan budget pernikahan 15 Juta, anda sudah bisa mewujudkan pernikahan seperti apakah yang Anda inginkan asalkan Anda menyimak ulasan berikut ini langkah menggelar acara pernikahan dengan budget 15 juta.

1. Pilih Paket Pernikahan Yang Murah

Biaya pernikahan meliputi beberapa hal seperti biaya untuk tata rias dan kostum biaya catering biaya souvenir biaya sewa tenda dan biaya sewa gedung Apabila Anda berniat untuk mengadakan pernikahan di gedung. Tentu semua biaya itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu ada baiknya anda memilih paket pernikahan yang telah menyediakan keperluan secara lengkap.

Usahakan Anda memilih paket yang sederhana agar nantinya budget yang anda miliki bisa dialokasikan untuk keperluan penting lainnya. Ingat bahwa proses pernikahan pada dasarnya adalah untuk mengikat hubungan pasangan.

2. Stop Mengundang Banyak Tamu Pernikahan

Agar budget 15 juta bisa digunakan untuk semua keperluan pernikahan maka ada baiknya anda tidak memikirkan untuk mengundang tamu dalam jumlah yang terlalu banyak. Dengan tamu yang terlalu banyak maka anggaran yang harus anda keluarkan pun juga akan semakin meningkat.

Oleh sebab itu ada baiknya anda Hanya mengundang orang-orang yang cukup penting dalam kehidupan anda. Perlu diingat pernikahan sendiri adalah proses kesakralan yang tidak akan diukur berdasarkan jumlah tamu undangan yang banyak. Tentunya semakin banyak Anda mengundang orang maka biaya untuk undangan dan catering juga akan meningkat.

3. Undangan Pernikahan Yang Simpel

Tidak bisa dipungkiri apabila proses pembuatan undangan merupakan salah satu hal yang juga dipikirkan oleh pasangan yang akan menikah. Pastinya Mereka menginginkan desain undangan yang menarik dan unik agar bisa menjadi kenangan tersendiri bagi para undangan.

Sebaiknya untuk memangkas biaya dan menghematnya maka Pilihlah desain kartu undangan yang sederhana. Desain undangan yang berlebihan tentu akan memakan biaya yang juga tidak sedikit.

4. Jangan Memilih Catering

Sebenarnya 15 juta memang sudah cukup untuk digunakan untuk proses pernikahan. Yang perlu Anda lakukan adalah memangkas hal yang tidak terlalu penting seperti tidak memesan catering melainkan dengan menyuguhi makanan untuk tamu dengan masakan rumah.

Di sinilah Anda bisa meminta bantuan kepada saudara-saudara terdekat untuk membuat aneka ragam masakan. Yang perlu Anda lakukan adalah membeli bahan-bahan dasar karena bahan-bahan dasar inilah memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan dengan membeli makanan yang sudah jadi.

5. Tidak Menyewa Gedung

Biaya sewa gedung merupakan biaya yang cukup mahal terutama untuk membela negara pernikahan. Agar budget yang anda miliki cukup maka ada baiknya anda tidak menggunakan gedung untuk acara pernikahan melainkan menggunakan rumah anda. Di beberapa daerah, rumah menjadi tempat untuk menggelar pernikahan.

Tips Menggelar Acara Nikah
Tips Menggelar Acara Nikah

Jangan salah dekor pernikahan di rumah pun tidak kalah menariknya dengan dekor pernikahan di gedung. Akan tetapi untuk menghemat biaya tetaplah untuk memilih dekorasi yang sederhana tetapi masih menghadirkan Sisi elegan tersendiri.

Ingin menggelar acara pernikahan dengan budget 15 juta? Kini anda sudah bisa mewujudkan keinginan Anda tersebut dengan menerapkan langkah-langkah diatas.

Leave a Comment