20+ Ide Bisnis Modal 10 Juta yang Masih Sangat Prospektif

Salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan ketika hendak memulai suatu bisnis adalah modal. Modal merupakan salah satu faktor paling penting ketika anda hendak mendirikan usaha. Dengan adanya modal maka bisnis yang akan anda jalani dapat berjalan dengan baik.

Tapi bagaimana jika modal yang anda miliki terbatas dan hanya 10 juta? Tenang saja Anda masih bisa menjalankan bisnis.

A. Tips Mendirikan Bisnis Modal 10 Juta

Ketika anda telah memiliki modal 10 juta, maka sebelumnya Anda pasti telah memiliki rencana bagaimana anda akan mengalokasikan modal tersebut. Sebelum itu ada baiknya anda untuk membaca beberapa tips dalam mendirikan bisnis.

1. Memiliki Niat & Fokus

Hal paling utama Ketika anda hendak memulai sebuah usaha adalah memiliki niat. Niat merupakan salah satu komponen paling penting ketika anda akan melakukan suatu pekerjaan termasuk mendirikan usaha bisnis.

Dengan adanya niat secara tidak langsung juga akan memotivasi anda untuk bekerja lebih baik dan tetap dapat bergerak untuk maju.

2. Memilih bisnis apa yang akan anda dalami

Setelah itu Anda juga harus mempertimbangkan jenis bisnis apakah yang akan anda bangun entah itu bersama teman atau sendiri. Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa anda pilih dengan modal 10 juta. Mulai dari peluang usaha bisnis kuliner, fashion hingga otomotif.

Tentunya bisnis tersebut haruslah bisnis yang sesuai dengan passion yang anda miliki agar nantinya Anda bekerja dengan baik.

3. Bagaimana anda menjualkan barang tersebut

Selanjutnya Apakah anda akan berbisnis secara online ataupun offline? Hal ini juga harus anda tentukan. Jika anda ingin memiliki peluang pasar yang lebih luas maka bisnis secara online bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk anda. Mengingat di zaman yang serba modern ini, bisnis online menjadi pilihan banyak orang untuk berbelanja dengan mudah dan efektif.

Kendati demikian, Anda juga bisa memilih bisnis secara offline tetapi anda harus menyediakan tempat yang akan digunakan untuk bisnis tersebut.

4. Dapat menyesuaikan dengan pasar

Salah satu kesalahan yang kerap sekali dilakukan oleh seseorang yang memulai bisnis adalah memilih usaha yang tidak memiliki pasar banyak. Ada banyak sekali bisnis yang bisa anda pilih di mana memiliki peluang pasar yang luas. Selain itu Anda juga wajib untuk selalu memperbarui bagaimana selera para konsumen.

B. Contoh Bisnis Modal 10 Juta

Tips Mendirikan Bisnis modal 10 juta
Tips Mendirikan Bisnis modal 10 juta

Jika Anda bingung akan menentukan bisnis Seperti apakah dengan modal yang sedikit, di bawah ini merupakan contoh bisnis modal 10 juta yang bisa anda pilih.

1. Bisnis kuliner

Bisnis kuliner tidak akan pernah sepi oleh pelanggan. Inilah Mengapa anda harus mengambil peluang ini untuk mendirikan bisnis kuliner dengan modal 10 juta. Ada banyak sekali bisnis kuliner yang bisa anda pilih seperti berjualan makanan kering ataupun makanan basah.

Selain itu untuk pemasarannya, Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti Facebook ataupun Instagram guna untuk memperkenalkan bisnis yang Anda bangun tersebut. Jika anda telah memiliki modal yang banyak maka anda bisa mendirikan Rumah Makan ataupun Cafe.

2. Bisnis fashion

Setiap orang tentu menginginkan fashion terbaru dan terkini yang akan menunjang penampilan mereka dan disinilah anda bisa mencoba untuk mengambil peluang untuk berbisnis fashion. Jika anda memiliki kemampuan mendesain baju, maka anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut.

Atau Anda juga bisa menjadi re-seller ataupun dropshipper. Dengan modal 10 juta ini anda juga telah mendapatkan keuntungan.

3. Bisnis make up

Yang satu ini juga tidak kalah menarik yaitu berbisnis alat make up. Bagi kalangan wanita tentu akan membutuhkan berbagai macam kosmetik untuk menunjang penampilan mereka dan disinilah anda bisa mencoba untuk meraup keuntungan dari berbisnis kosmetik.

4. Personal Trainer (Gym)

Anda dapat memulai bisnis pelatihan pribadi di luar gym rumah. Anda harus membeli beberapa peralatan latihan dasar seperti barbel, treadmill dan bangku. Anda dapat memulai dari yang kecil atau bahkan membeli beberapa peralatan bekas untuk memulainya.

5. Penulis

Jika Anda memiliki ide untuk sebuah buku, Anda dapat menerbitkannya menggunakan sejumlah layanan yang bermacam-macam . Terkadang, Anda perlu menghabiskan uang muka hanya untuk menerbitkan buku Anda. Ini bisa sekitar 2-3 juta. Atau Anda bisa mempublikasikannya sebagai sebuah e-book untuk menghemat lebih banyak uang.

6. Stand Kopi

Kita tidak perlu berinvestasi di kafe yang lengkap untuk memulai bisnis terkait kopi. Anda bisa memulai dengan lebih murah yaitu dengan gerobak kopi yang dapat dipasarkan di acara, pusat perbelanjaan, atau gedung perkantoran. Anda perlu membeli gerobak dan bahan kopi, pembuat kopi dan cangkir. Ini merupakan alternatif yang cukup murah dan berskala kecil.

7. Desainer Pakaian

baju olahraga muslimah contoh

Atau jika Anda ingin membuat produk unik Anda sendiri, Anda dapat berinvestasi di beberapa bahan dan peralatan jahit untuk membuat lini pakaian Anda sendiri. Kita kemudian dapat menjual pakaian Anda secara online atau di toko lokal.

8. Pembuat Perhiasan (Handmade)

Anda juga bisa fokus untuk membuat perhiasan handmade dan menjual karya Anda secara online atau di acara tertentu. Anda hanya perlu membeli beberapa manik-manik, kawat atau persediaan lainnya. Kemudian Anda dapat membuat situs web / media sosial Anda sendiri untuk menjual karya online.

9. Fotografer (Juru potret / foto)

Kamera dan peralatan fotografi bisa sangat mahal. Tetapi Anda bisa memulai dengan bisnis fotografi dari dasar dengan sebuah kamera dan satu atau dua lensa. Anda bisa mendapatkan DSLR basic untuk sekitar 5-6 jutaan, yang kemungkinan akan mewakili modal awal terbesar Anda. Kemudian Anda bisa mendapatkan beberapa aksesori dan mungkin membuat situs web / media sosial untuk memamerkan karya Anda.

10. Juru rias

Atau Anda bisa menjadi penata rias perjalanan di mana Anda memberikan layanan di acara atau di lokasi. Pengeluaran utama Anda dalam jenis bisnis ini adalah tata rias yang sebenarnya. Tentunya, biaya yang sebenarnya akan bervariasi tergantung pada jenis rias yang Anda pilih dan berapa banyak yang Anda butuhkan. Tetapi Anda selalu dapat memulai hanya dengan hal-hal mendasar, yang mungkin berarti menghabiskan beberapa juta rupiah.

11. Chef Pribadi

Jika Anda lebih tertarik untuk memulai bisnis terkait makanan, Anda dapat menawarkan layanan Anda sebagai koki pribadi. Anda akan membutuhkan beberapa peralatan dapur dan Anda mungkin juga ingin membuat situs web / media sosial sehingga Anda dapat menarik klien.

12. Tukang roti (bakery)

Anda juga bisa memulai bisnis pembuatan kue sendiri tanpa banyak investasi di awal. Cukup jual kue /roti panggang Anda secara online atau sediakan barang ke toko kue lokal. Sekali lagi, Anda paling penting membutuhkan peralatan dapur dan bahan-bahan untuk memulai.

13. Pembibitan Tanaman

Jika Anda memiliki beberapa ruang terbuka di rumah Anda, Anda dapat membangun rumah kaca atau yang serupa dan memulai pembibitan sendiri untuk menyediakan tanaman bagi pelanggan. Jika Anda perlu membangun rumah kaca, persediaan untuk itu kemungkinan akan menghabiskan sebagian besar anggaran awal Anda. Maka Anda hanya perlu bibit, tanah dan pupuk untuk membuat usaha tanaman Anda berjalan.

14. Pertukang-an

Untuk wirausaha yang pandai dengan proyek terkait rumah, Anda dapat memulai bisnis tukang di mana harus pergi ke rumah klien untuk memperbaiki berbagai masalah. Anda hanya perlu berinvestasi di beberapa alat dan memastikan bahwa Anda memiliki transportasi yang dapat diandalkan sehingga Anda bisa mendapatkan pekerjaan Anda.

15. Bisnis Pembersih Kolam Renang

Anda juga bisa memulai bisnis pembersih kolam renang dengan beberapa peralatan dasar seperti vakum, sikat dan jaring dan kemudian akses ke transportasi yang andal.

16. Landscaper

Demikian pula, mereka yang senang bekerja di luar ruangan dapat memberikan layanan memotong rumput dan lansekap kepada klien. Untuk ini, Anda akan memerlukan mesin pemotong rumput dan beberapa alat luar ruangan lainnya.

17. Biro Jodoh

Anda juga dapat memulai bisnis online tanpa banyak investasi dimuka. Situs biro jodoh, misalnya, membutuhkan terutama hosting, domain, desain, dan biaya pemasaran.

18. Servis IT / Komputer

Atau Anda dapat menggunakan keterampilan teknologi Anda untuk membantu orang lain dengan masalah komputer mereka. Anda dapat menerima panggilan dan membantu orang memecahkan masalah dengan cara itu, atau bahkan bepergian ke klien Anda untuk menawarkan bantuan.

19. Agensi Pemasaran Digital (Internet Marketing)

Untuk pemasar terampil, Anda dapat memulai biro pemasaran Anda sendiri tempat Anda beroperasi terutama online, memberikan bantuan di berbagai bidang seperti media sosial, pemasaran konten, dan periklanan online. Anda harus menutup pengeluaran startup hanya untuk hal-hal kecil seperti domain, hosting, iklan, dan biaya lainnya.

20. Pengembang Aplikasi / Software Komputer

Anda juga dapat menghabiskan waktu dan modal awal Anda mengembangkan program perangkat lunak Anda sendiri untuk dijual. Ini mengharuskan Anda memiliki beberapa perangkat keras yang layak dan mungkin program kursus atau pelatihan.

21. Pengembang Aplikasi HP / Android

Atau Anda dapat fokus pada teknologi handphone dan mengembangkan aplikasi handphone Anda sendiri, atau bahkan memulai bisnis yang mengembangkan aplikasi untuk klien.

Ada beberapa platform pengembangan seluler yang relatif terjangkau yang dapat Anda gunakan. Jadi, Anda  harus menggunakan perangkat seluler yang sebenarnya untuk menguji dan mengirimkan aplikasi Anda ke toko aplikasi (app store).

Itulah beberapa peluang bisnis modal 10 juta yang bisa anda geluti. Tunggu apalagi segera jemput bisnis favorit anda untuk mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit.

Sumber Tambahan: smallbiztrends.com/2017/07/1000-dollar-business-ideas.html

Artikel Lanjutan:

Leave a Comment