Membandingkan Biaya Nikah Di Gedung Dengan Di Rumah

Pernikahan merupakan momen sakral yang diharapkan terjadi hanya sekali dalam seumur hidup. Untuk itu, mempelai pasti menginginkan segala sesuatu yang terbaik pada hari penting tersebut sehingga muncul istilah menjadi Raja dan Ratu sehari. Pemilihan lokasi untuk hari penyelenggaraan, terutama untuk gelaran resepsi merupakan salah satu faktor penting untuk dipertimbangkan.

Rumah x Gedung Sebagai Lokasi Pernikahan

Dua pilihan paling umum dalam gelaran resepsi pernikahan adalah rumah dan gedung. Tetapi, kaum milenial saat ini memang cenderung lebih memilih gedung, mulai dari aula serba guna di balai desa tempat domisili hingga ballroom hotel dibandingkan dengan di rumah. Meskipun biaya pernikahan di gedung hampir tiga kali lipat lebih tinggi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perhitungan total biaya pernikahan di gedung menghabiskan lebih banyak dana adalah sebagai berikut :

  • Biaya sewa gedung merupakan faktor utama yang menghabiskan ¼ dari total budget. Semakin besar dan prestisius gedung tersebut, maka semakin mahal pula biaya sewa yang dikenakan. Kecuali, gedung tersebut merupakan kepemilikan pribadi seperti halnya rumah sehingga tidak perlu mengeluarkan uang sewa.
  • Biaya untuk dekorasi gedung tentu menghabiskan lebih banyak dibandingkan dengan mendekorasi rumah untuk acara pernikahan. Karena gedung perlu didekorasi total dari ujung ke ujung, bahkan aula balai desa di mana tetap memiliki ukuran lebih besar dibandingkan rumah yang kadang hanya perlu membangun tenda sederhana.
  • Biaya untuk katering dengan pelaksanaan pernikahan di gedung juga fantastis. Hal itu dikarenakan makanan yang disediakan untuk pernikahan di rumah dapat memilih menu rumahan sederhana dan pengolahannya bisa meminta bantuan dari sanak saudara atau tetangga di mana, sedangkan pernikahan di gedung mau tidak mau harus memesan jasa katering.
  • Terakhir, biaya lain yang harus dikeluarkan untuk pernikahan di gedung yang tidak perlu dikeluarkan dalam gelaran pernikahan di rumah adalah biaya menyewa jasa wedding planner atau wedding organizer. Sebab, hampir mustahil untuk mengatur sendiri pernikahan di gedung tanpa bantuan pihak ketiga, kecuali mempelai memiliki usaha WO sendiri.
Nikah Di Rumah
Nikah Di Rumah

Kelebihan Menikah Di Gedung

Meskipun menghabiskan biaya berkali lipat lebih banyak, tetapi menggelar pernikahan di gedung memang memiliki kelebihan sendiri, yaitu :

  • Gengsi meningkat. Secara otomatis, gengsi yang didapat ketika menggelar pernikahan di gedung dan bukan di rumah akan meningkat di mata orang-orang karena orang awam pun mengerti bahwa menggelar pesta di gedung menelan biaya yang tidak sedikit.
  • Privasi lebih terjaga. Pernikahan di gedung sekaligus pula dapat melindungi privasi mempelai. Di rumah, risiko membiarkan orang asing masuk sangat besar. Bisa terjadi kehilangan barang oleh ulah oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi untuk menyusup dan menjarah. Atau ada oknum yang sibuk berkomentar jahat tentang kediaman dan keluarga mempelai.
  • Kapasitas tamu undangan lebih banyak. Sebesar apa pun rumah pribadi, gedung akan terasa lebih luas dan lega untuk menggelar acara karena ruang gerak tidak terbatas. Sebab itu, jumlah tamu undangan pun dapat mencapai dua kali lipat dari kapasitas maksimal tamu yang dapat diundang jika menggelar pernikahan di rumah.

Menikah Di Gedung, Sebanding Dengan Biaya Yang Dikeluarkan

Nikah Di Gedung
Nikah Di Gedung

Kesimpulannya, biaya pernikahan di gedung memang sangat tinggi, namun harga yang dibayar worth it dengan hasil yang didapatkan dari segi keamanan dan kapasitas tamu. Suasana pernikahan di gedung juga terasa lebih santai dan tidak perlu merasa bersalah mengganggu lingkungan sekitar dengan suara sound system sebagaimana jika menggelar pernikahan di rumah.

Leave a Comment