5 Cara Menghemat Biaya Nikah Di Rumah Dan Tidak Membuat Dana Membengkak

Tidak miliki dana besar untuk melakukan resepsi pernikahan adat di gedung? Lakukanlah pernikahan di rumah. Berapakah biaya nikah di rumah? Ini informasinya.

Pernikahan adalah suatu hal yang diidam-idamkan bagi banyak orang. Pernikahan yang diharapkan tentu pernikahan yang sakral namun tetap dikenang. Karena pernikahan hanya akan dilakukan dalam sekali seumur hidup. Tetap inginkan pernikahan yang elegan namun tidak milikki dan banyak? Lakukanlah pernikahan di rumah. Karena biaya nikah di rumah tidak akan sebesar dana pernikahan di gedung.

Lantas, dapatkan biaya tersebut diminimalisir dan disesuaikan dana yang dimilikki? Inilah jawaban lengkapnya untuk Anda.

5 Cara Menghemat Biaya Nikah Di Rumah

Tips ini sangat cocok dilakukan untuk Anda yang ingin menikah namun tidak memiliki dana yang besar. Untuk informasi lengkapnya, simak artikel berikut ini

1. Mengurangi Jumlah Undangan

Sebelum membahas terlalu jauh, sebaiknya Anda siapkan persyaratan pernikahan terlebih dahulu. Syarat nikah di rumah dengan KUA tidaklah berbeda. Karenanya, sebaiknya siapkan peryaratan dengan detail. Setelahnya, siapkanlah jumlah undangan yang akan diberikan. Pilihlah undangan yang benar-benar orang terdekat. Contohnya, kerabat ataupun sahabat, mengundang orang yang tidak terlalu dekat dapat berakibat membengkaknya dana souvenir atau catering.

2. Manfaatkan Keterampilan Teman dan Sahabat

Milikki teman yang mempunyai keterampilan untuk make up atau wedding organizer? Manfaatkanlah hal ini untuk mengurangi biaya pernikahan di rumah sendiri. Biasanya mereka akan memberikan harga yang lebih murah sebagai harga teman. Karenanya, manfaatkanlah hal ini untuk mengurangi pengeluaran. Selain mengurangi pengeluaran, tentunya Anda lebih nyaman untuk menggunakan vendor karena pemiliknya adalah teman sendiri.

3. Memilih Menu Makanan yang Umum

Jika memang sudah sepakat untuk adakan pernikahan di rumah, Anda dapat memanfaatkan kesempatan dengan meminta bantuan tetangga. Utamanya, untuk memasak makanan bagi pada undangan. Selain itu, pilihlah makanan-makanan yang merupakan menu umum. Biasanya, cara ini dapat digunakan untuk menghemat biaya nikah di rumah. Menu yang cocok untuk dipilih adalah Bakso, Nasi Uduk, Nasi Goreng atau yang mudah dimasak namun tetap nikmat.

4. Menyewa dibandingkan Membeli

Walaupun pernikahan dilakukan sekali seumur hidup, penting untuk tetap memikirkan biaya yang dikeluarkan. Salah satunya, dengan memperhatikan pakaian pengantin yang digunakan. Disarankan untuk menyewa baju pasangan pengantin dibandingakan untuk membelinya. Karena, cara ini dapat mengurangi total biaya pernikahan. Sehingga dana dapat digunakan untuk dimaksimalkan pada pos yang lainnya.

Tidak hanya gaun, Anda dapat menyewa sepatu ataupun heels yang akan digunakan. Tentunya, heels tidak akan digunakan setiap hari. Karenanya, lebih baik menyewa dibandingkan untuk membeli heels. Sehingga heels ataupun baju yang digunakan tidak akan terbuang sia-sia karena tidak digunakan setelah acara pernikahan.

5. Tidak Perlu Mewah namun Berkesan

Inilah inti dari cara menghemat biaya pernikahan di rumah. Dimana, Anda harus mengadakan acara yang berkesan dibandingkan acara yang mewah. Acara yang mewah, tentu membutuhkan berbagai dekorasi yang sejalan. Contohnya, bunga-bunga yang bertaburan, gedung yang mewah ataupun nasyid.

Tentu tidak terbayang berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan semua perlengkapan tersebut. Karenanya, sangat disarankan untuk melakukan pesta pernikahan di rumah. Karena biaya pesta nikah di rumah jauh lebih murah dibandingkan biaya pernikahan di gedung ataupun tempat lainnya.

Jadi, itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghemat biaya pernikahan di rumah. Selain beberapa cara hemat biaya nikah di rumah tersebut, Anda dapat menghemat biaya dengan menekan biaya souvenir ataupun dekorasi. Sehingga dana yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Leave a Comment