bayar pajak motor tanpa ktp
bayar pajak motor tanpa ktp

Bayar Pajak Motor Tanpa KTP Asli, Apakah Boleh? Ini Penjelasannya

Posted on

Bisakah bayar pajak motor tanpa KTP asli sering menjadi pertanyaan banyak orang. Di satu sisi pemerintah ingin pendapatan anggaran daerah meningkat, salah satunya dengan melalui pajak kendaraan. Tetapi di sisi lain, dirlantas Polri mensyaratkan adanya KTP asli untuk membayar pajak kendaraan. Hal ini terkadang dianggap sesuatu yang menyulitkan masyarakat, apalagi ada beberapa Samsat yang mewajibkan kepemilikan e-KTP.

Membayar Pajak motor tanpa KTP, Berikut Penjelasan Dasar Hukumnya

Untuk membayar pajak motor, tentu Anda harus menunjukkan KTP asli, bukan foto copy KTP. Karena tidak bisa bayar pajak motor tanpa KTP asli. Hal ini tertuang dalam perkap no. 5 tahun 2012 pasal 79 Ayat 1.b.2. Pernyataan perkap tersebut yaitu, bagi perorangan terdiri atas Kartu Tanda Penduduk (KTP) & surat kuasa bermaterai cukup bagi yang diwakilkan orang lain. jadi jelas bukan, ketika Anda ingin membayar pajak kendaraan bermotor harus menunjukkan KTP asli.

Begitu juga jika pembayaran pajak diwakilkan orang lain, tetap harus menunjukkan KTP asli orang yang diwakilinya beserta surat kuasa bermaterai. Yang sering menjadi kendala adalah, jika motor yang di beli merupakan motor second. Tentunya ketika membayar pajak kendaraan, harus membawa KTP asli sesuai yang tertera di STNK. Anda harus meminjam KTP pemilik pertama untuk di lampirkan ketika membayar pajak. Masalahnya kadang, pemilik pertama adalah orang yang tinggal berjauhan dengan tempat tinggal pemilik ke dua. Sehingga tentu tidak mungkin untuk meminjam KTP pemilik pertama.

Satu-satunya cara adalah Anda harus balik nama terlebih dahulu, setelah membeli motor second. Segera lakukan balik nama kendaraan agar tidak ada halangan apapun di masa mendatang ketika ingin membayar pajak kendaraan. Meskipun mungkin prosesnya lebih rumit dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun di kemudian hari Anda tidak akan kesulitan jika ingin membayar pajak. Karena bayar pajak motor tanpa KTP tidak diperbolehkan.

Sebagai warga negara yang baik, tentunya Anda harus mengikuti peraturan yang berlaku. Jangan sampai tidak memiliki KTP asli menjadi penghalang untuk membayar kewajiban pajak kendaraan. Bayar pajak motor tanpa KTP asli bisa menjadi peluang bagi calo. Biasanya calo menawarkan bantuan membayar pajak kepada mereka yang tidak memiliki KTP. Maka dari itu untuk menghindari praktik calo seperti ini sebaiknya Anda segera melakukan balik nama kendaraan yang Anda beli secara second.

bayar pajak motor tanpa ktp
bayar pajak motor tanpa ktp

Balik nama kendaraan mungkin memakan waktu yang lama dan prosedurnya juga tidak praktis. Namun sebagai warga negara bijak, sebaiknya Anda ikuti proses sesuai aturan yang berlaku. Jangan sampai kemalasan Anda mengurus balik nama kendaraan menjadi peluang bagi orang-orang yang melakukan suap. Kendala lainnya muncul ketika memiliki kendaraan bermotor namun STNK dan KTP berbeda domisili. Misalnya Anda membeli motor di kota A, namun ternyata KTP yang dimiliki beralamat di kota B.

Jika seperti ini, tentu Anda harus melakukan mutasi kendaraan. Mutasi dilakukan untuk mengubah identitas kendaraan sesuai dengan identitas pemilik pada kartu tanda penduduk pemilik yang baru. Dengan melakukan mutasi kendaraan, Anda akan bisa membayar pajak kendaraan bermotor sesuai aturan yang berlaku.

Itulah beberapa alasan, mengapa membayar pajak kendaraan bermotor tidak boleh tanpa menggunakan KTP asli. Meskipun Anda bisa bayar pajak motor tanpa KTP melalui praktik calo, itu adalah hal yang tidak dibenarkan. Tidak adanya KTP akan memperbesar peluang terjadi praktik suap. Sehingga kita sebagai warga negara yang baik, sebisa mungkin harus mengurangi kecurangan di instansi negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *