Lima Perbedaan Barang Inferior & Superior Dalam Ekonomi

Dalam dunia perekonomian memang sering kali disebutkan barang inferior dan superior yang memang menjadi barang yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis barang dalam dunia perekonomian memang dibagi menjadi beberapa jenis, nah untuk jenis barang yang diklasifikasikan sesuai kualitasnya terbagi menjadi dua jenis yaitu barang inferior dan superior. Istilah tersebut mungkin memang sudah biasa di dengar, namun ketahuilah bahwa kedua barang ini memang sangat memiliki perbedaan berdasarkan rendah atau tingginya nilai jual dari suatu barang. Nah, tentunya hal tersebut memang sangat berkaitan dengan jumlah pendapatan masyarakat.

Apabila jumlah pendapatan masyarakat banyak maka akan membuat mereka lebih menyukai membeli barang superior dengan harga nilai jual yang tinggi, begitupun sebaliknya bahwa apabila jumlah pendapatan masyarakat rendah maka barang inferior banyak diminati oleh masyarakat. Bagi Anda yang belum memahami perbedaan antara kedua barang tersebut, maka tak perlu khawatir karena artikel ini akan mengulas lengkap informasinya untuk Anda.

Perbedaan Barang Inferior dan Superior

Ketahuilah perbedaan antara barang inferior dan superior agar memudahkan Anda dalam mengklasifikasikan barang-barang yang akan Anda beli sesuai dengan kualitasnya. Secara garis besar barang inferior memang memiliki harga yang lebih murah dibandingkn barang superior.

1. Barang Inferior Cocok untuk Semua Kalangan

Setelah mengetahui penjelasan di atas maka Anda telah mengetahui bahwa barang inferior memang lebih cocok digunaka semua kalangan, hal tersebut dikarenakan barang inferior lebih memiliki harga yang standar murah walaupun tidak memiliki merk atau brand yang sangat terkenal yang mampu membuat Anda semakin terlihat keren. Nah, apabila Anda memiliki budget yang besar maka bisa membeli barang superior yang memiliki merk ataupun brand yang terkenal.

2. Kualitas Barang Superior Lebih Bagus

Perlu diketahui bahwa kualitas barang superior dan interior memang jauh berbeda, mengapa demikian? hal tersebut dikarekan keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup jauh. Sebenarnya kualitas dari barang superior memang lebih bagus dibandingkan dengan barang inferior. Akan tetapi, apabila Anda tidak memiliki budget yang cukup besar untuk membeli sebuah produk maka Anda bisa membeli barang inferior yang memiliki kualitas standar dengan harga yang terjangkau.

3. Inferior Pemuas Kebutuhan Jasmani

Barang Inferior Dan Superior
Barang Inferior Dan Superior

Ada orang yang mengatakan bahwa barang inferior merupakan barang pemuas kebutuhan jasmani, hal tersebut dikarenakan barang inferior memang mampu membuat manusia menjadi merasa puas ketika memilikinya. Dengan memiliki barang inferior maka akan memudahkan manusia untuk beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

4. Superior Pemuas Kebutuhan Rohani

Berbeda dengan barang inferior, sebagian orang menganggap bahwa barang superior merupakan alat pemuas kebutuhan rohani manusia. Mengapa demikan? Hal tersebut tentunya dikarenakan barang superior memang memiliki sebuah merk atau brand ternama sehingga mampu membuat Anda tampak lebih keren dan percaya diri. Nah, apabila Anda memang memiliki budget cukup banyak maka dapat membeli barang superior dengan kualitas yang bagus.

5. Barang Inferior Cocok dalam Keadaan Kepepet

Apabila Anda sedang membutuhkan suatu produk tetapi memiliki budget yang minim, maka barang inferior dapat dijadikan sebagai solusi yang tepat pada kondisi yang kepepet. Walaupun kualitasnya tidak begitu bagus namun fungsi ataupun kegunaan dari barang inferior dan superior tetaplah sama hanya saja keduanya memiliki kualitas dan merk yang dianggap berbeda yang mampu membuat kesan lebih keren.

Apabila Anda sudah memahami perbedaan dari barang inferior dan superior, maka Anda bisa mengklasifikasikan kebutuhan barang inferior dan superior yang Anda butuhkan. Dengan demikian maka Anda dapat mengontrol keuangan Anda untuk tidak terjadi pemborosan.

Leave a Comment