Pemahaman tentang Apa yang Dimaksud Dengan Strategi

Dalam sebuah bidang, setiap variabel dan aspek pasti melibatkan strategi. Mari kita bahas apa yang dimaksud dengan strategi dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari hari.

Mengutip dari halaman Wikipedia, strategi itu seperti sebuah rancangan peringkat tertinggi untuk mencapai suatu target atau sasaran pada situasi tertentu. Dalam kondisi dan keadaan apapun, strategi dibutuhkan dan menjadi sebuah inti yang harus dieksekusi.

Pada awalnya, strategi adalah elemen yang pasti ada dalam setiap perang yang berkecamuk. Karena jaman dulu perang adalah kegiatan yang wajar, strategi selalu diatur guna memenangkan perang. Dulu kala, strategi dinamakan taktik. Istilah ini mula digunakan pada abad ke-6 Masihi dalam istilah Rom Timur, dan hanya diterjemahkan ke dalam bahasa vernakular Barat pada abad ke-18. Dari saat itu sehingga abad ke-20, perkataan “strategi” muncul “satu cara komprehensif untuk cuba mengejar tujuan politik, termasuk ancaman atau penggunaan sebenar kekerasan, dalam kehendak dialektik” dalam sesuatu konflik ketenteraan, dimana kedua-dua lawan saling bertindak.

Apa itu Strategi

Strategi elemen yang sangat penting keberadaannya. Tanpa strategi sebagai salah satu sumber untuk mencapai suatu tujuan, akan sangat sulit rasanya mencapai sebuah tujuan.

A. Strategi Jaman Sekarang / Jaman Modern

Saat ini, strategi bukan hanya dibuat untuk mencapai tujuan tertentu atau dalam keadaan penting saja. Dalam semua aspek dan kehidupan sehari hari, strategi selalu dilibatkan dan menjadi acuan tertentu.

Dalam semua perencanaan, itu juga dapat dinamakan dan digolongkan menjadi strategi.

Pun, saat ini sangat banyak macam macam strategi yang mungkin pernah anda ketahui bahkan mungkin pernah annda jalankan.

Ditambah, dengan keberadaan internet. Pengertian strategi akan menjadi lebih rumit nan kompleks. Dalam dunia internet atau dunia yang melibatkan teknologi, semua hal membutuhkan strategi yang matang.

Tidak bisa sebuah rencana atau sebuah tujuan dilakukan tanpa perencanaan dan strategi yang matang. Mari kita buah sebuah contoh untuk lebih mempermudah anda.

Sebagai contoh, ada perusahaan yang ingin meluncurkan sebuah produk kecantikan. Dengan kondisi pasar yang labil dan konsumen yang sering berpindah pindah dan mencoba produk baru, perusahaan tadi harus dan wajib membuat sebuah strategi peluncuran produk. Minimal, ada salah satu perbedaan yang menjadi keunggulan produk tersebut untuk diterima dan laku di pasaran.

Pada akhirnya, strategi dibentuk. Perusahaan tadi membuat produk baru yang diluncurkan itu mempunyai elemen warna yang berbeda dan belum dimiliki oleh perusahaan lain dengan inovasi yang sama.

Apa yang Dimaksud Dengan Strategi
Apa yang Dimaksud Dengan Strategi

B. Jenis-Jenis Strategi

Kita sudah membahas strategi dengan bahasa umum dan mudah dicerna. Mari kita bahas strategi dan pendapatnya menurut ahli. Menurut Anshori (2014: 20-22), ada lima bagian dalam strategi, antara lain:

1. Klasifikasi berdasarkan ruang lingkup, strategi ini merupakan strategi utama (induk). Strategi ini dapat dirumuskan lebih sempit seperti strategi program, dan ini dapat dirancang sebagai sub strategi.

2. Pengkategorian berdasarkan hirarki organisasi, misalkan dalam sebuah company yang terdiri atas beberapa devisi yang sekurang-kurangnnya dua tingkatan, yakni strategi untuk kantor pusat & strategi untuk divisi.

3. Klasifikasi berdasarkan sumber material dan bukan material, kebanyakan strategi berkenaan dengan sumber yang bersifat fisik. Namun, strategi dapat mengenai penggunaan tenaga kerja manajer, tenaga ilmuan, dan lain sebagainya. Strategi pun bisa juga berhubungan dengan style manajemen, cara berpikir (mindset), atau falsafah, hidup dari hal-hal yang merupakan sikap sebuah instansi atas tanggung jawab sosial (social responsibility).

4. Pengkategorian berdasarkan tujuan dan/atau fungsi, misalkan pertumbuhan merupakan pilihan utama dari kebanyakan perusahaan dan terdapat banyak strategi yang dapat dipilih untuk menjamin pertumbuhan tersebut.

5. Strategi pribadi pimpinan, bersifat mendasar, biasanya tidak tertulis, dan merupakan kerangka untuk mengembangkan strategi instansi.

Sudahkah anda paham dengan pembahasan Apa yang dimaksud dengan strategi di atas? Semoga sudah dan pembahasan ini membantu anda, ya!

Leave a Comment