Apa itu Entrepreneur & Bagaimana Menjadi Salah Satu Darinya

Apa itu Entrepreneur? Sebuah profesi yang juga sering disebut sebagai pengusaha atau wiraswasta dalam bahasa Indonesia.

Entrepreneur adalah orang yang mengelola sebuah modal atau usaha untuk mengambil keuntungan dari sebuah peluang. Entrepreneur juga merupakan pembuatan keputusan, terkait apa (what), bagaimana (how), dan berapa banyak (how much) suatu barang/jasa diproduksi.

Seorang entreprenur memutar suatu modal dan memantau serta mengendalikan kegiatan bisnis. Dilihat dari kepemilikan, Entreprenur bisa sebagai pemilik tunggal, mitra, atau orang yang memiliki sebagian besar saham dalam usaha bersama.

Menurut ekonom Joseph Alois Schumpeter (1883-1950), entrepreneur tidak perlu dimotivasi dengan keuntungan, tetapi entrepreneur menganggapnya sebagai standar untuk mengukur pencapaian atau keberhasilan.

Schumpeter menjelaskan bahwa entrepreneur memiliki sifat sebagai berikut:

  1. Mandiri
  2. Kreatif dalam Menciptakan Hal yang Baru (Inovatif)
  3. Sangat optimis, dan
  4. Menyukai tantangan dengan risiko tingkat menengah (tidak terlalu mudah, dan tidak terlalu susah).

Read more: businessdictionary.com/definition/entrepreneur.html

Dari penjelasan singkat di atas:

Entrepreneur adalah seorang yang berani mengambil risiko dalam mengelola bisnis untuk mendapat keuntungan dari sebuah peluang.

Mengapa Entrepreneur Penting Buat Perekonomian (Masyarakat dan Negara)

Entrepreneur atau pengusahan mengubah suatu sumber daya menjadi peluang potensi keuntungan baru. Pengusaha memindahkan berbagai sumber daya, baik yang nyata maupun tidak berwujud, mempromosikan pembentukan modal.

Di pasar yang penuh ketidakpastian, adalah pengusaha yang benar-benar dapat membantu menghilangkan ketidakpastian, karena ia membuat penilaian atau mengambil risiko.

Kewirausahaan memiliki dampak positif pada ekonomi dan masyarakat dengan berbagai cara. Pertama, pengusaha dapat menciptakan bisnis baru. Mereka menciptakan barang dan jasa, menghasilkan pekerjaan, dan sering menciptakan lebih banyak dan lebih banyak pengembangan (research and development).

Misalnya, setelah beberapa perusahaan teknologi informasi didirikan di India pada 1990-an, industri lain yang terkait teknologi informasi, seperti pusat call center dan penyedia hardware, ikut berkembang juga. Sehingga mereka dapat menawarkan layanan dan produk tambahan.

Sumber: investopedia.com/terms/e/entrepreneur.asp

10 Cara Menjadi Entrepreneur di Zaman Now

1. Miliki sifat tekun

Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, Anda harus tekun. Sejujurnya, tanpa kerja keras dan ketekunan , Anda tidak akan ke mana pun di dunia wirausaha.

2. Tantang diri Anda

Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, Anda harus menantang diri sendiri. Tidak ada orang lain yang akan mendorong Anda, jadi terserah Anda untuk melakukannya.

3. Pilih Passion-mu jika Memungkinkan

Jika Anda tidak menyukai apa yang Anda lakukan, jangan lakukan. Sebagai seorang entrepreneur, Anda harus menghabiskan waktu berjam-jam dan berkorban untuk bisnis Anda.

Ketika Anda bersemangat tentang apa yang Anda lakukan, menjalankan dalam waktu yang lama tidak akan terasa seperti pengorbanan lagi.

apa itu entrepreneur
apa itu entrepreneur

4. Ambil risiko

Manusia umumnya menghindari risiko, tetapi bagian dari menjadi pengusaha adalah mengenali risiko yang harus Anda ambil.

Pengusaha sukses mengambil risiko . Itu bagian dari pekerjaan.

5. Percayalah pada diri Anda sendiri

Jika Anda tidak percaya pada diri sendiri, siapa lagi?

Menjadi wirausaha yang sukses berarti Anda telah belajar mendengarkan intuisi Anda dan mengandalkan kebijaksanaan Anda ketika membuat keputusan.

Kemampuan Anda untuk percaya dan percaya pada diri sendiri akan menunjukkan kepercayaan diri Anda. Orang lebih cenderung mengikuti dan percaya pada pemimpin yang percaya diri.

*percaya kepada Allah -alias tawakkal- tentunya datang pertama kali

6. Kurangi rasa takut

Ketakutan akan menghambat tindakan. Pengusaha harus dapat berputar dan cepat bertindak ketika mereka melihat peluang atau mengenali kesalahan.

Dengan ketakutan menunggang di bahu Anda, Anda tidak akan menjadi wirausahawan yang sukses.

7. Visualisasikan tujuan

Tips ini agak abstrak bagi sebagian Anda. Tapi percayalah, Allah SWT akan sebagaimana prasangka hambanya.

Ketika saya merekomendasikan pengusaha untuk memvisualisasikan tujuan mereka, saya tidak ingin mereka menutup mata mereka dan melihat tujuan di depan mereka.

Yang saya ingin Anda lakukan untuk memvisualisasikan tujuan Anda adalah mendefinisikannya dengan sangat jelas bahwa itu ada dan nyata.

Misalnya, yang mana yang lebih mudah dicapai:

  1. Saya ingin menjadi entrepreneur yang sukses.
  2. Saya akan menjadi wirausahawan yang sukses dengan memulai bisnis yang memecahkan masalah untuk ceruk khusus audiens saya ini.

8. Cari partner bisnis yang hebat

Pengusaha sukses tidak berhasil dalam ruang hampa. Kita semua memiliki tim yang hebat dan jaringan pendukung di belakang kita.

Dan ketika saya merekomendasikan untuk merekrut mitra yang hebat, itu tidak hanya berarti seseorang yang dapat melakukan pekerjaan saja.

Saya ingin Anda merekrut mitra yang memiliki karakter hebat dan yang Anda sukai serta hormati.

9. Bertindak (Action)

Bicara saja (omong doang) hanya akan menunda kesuksesanmu.

Pengusaha sukses itu action !

10. Siapa pelanggan Anda?

Salah satu alasan paling umum mengapa banyak wirausaha gagal adalah karena tidak ada pelanggan.

Jika Anda memulai bisnis atau membuat produk tetapi tidak tahu siapa yang akan membelinya, orang itu mungkin tidak benar-benar ada.

 

Leave a Comment