Apa itu Crowdfunding? Pengertian Crowdfunding Secara Umum

Apa itu crowdfunding dalam dunia bisnis akan dibahas pengertiannya secara umum. Crowdfunding dapat digunakan sebagai penggalangan dana untuk projek yang bermanfaat.

Apa itu crowdfunding menjadi pertanyaan bagi Anda yang belum pernah mendengar istilah itu sama sekali. Perkembangan teknologi membawa sistem yang lebih bagus dan pesat terutama di negara berkembang. Memaksimalkan pemanfaatan teknologi telah menjadi salah satu solusi paling tepat untuk semua kalangan dalam mewujudkan kesejahteraan bersama. Dukungan dari berbagai pihak dalam memanfaatkan teknologi menjadi salah satu latar belakang suatu negara memiliki teknologi yang lebih unggul.

Di negara berkembang peningkatan inovasi berbasis teknolgi seringkali terhambat dengan masalah pendanaan. Dana memang menjadi salah satu hal yang penting ketika akan memajukan suatu inovasi teknologi. Penerapan teknologi menjadi salah satu aktifitas yang memiliki penggunaan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, crowdfunding menjadi salah satu solusi untuk mengumpulkan dana pengembangan suatu teknologi untuk masa depan.

Mengenal Apa Itu Crowdfunding dan Cirinya

Menjawab pertanyaan apa itu crowdfunding maka, istilah tersebut dapat di definisikan sebagai proses yang meliputi pengumpulan dana unuk memulai suatu projek. Jadi sederhananya crowdfunding adalah pengumpulan dana dari banyak orang. Adapun Ciri-ciri crowdfunding adalah sebagai berikut:

  1. Pengumpulan dana akan dilakukan dalam jumlah tertentu yang telah ditentukan. Sumber dana berasal dari sejumlah besar orang (crowd) dan dapat meliputi masyarakat secara global.

  2. Pengumpulan dana dengan crowdfunding biasanya akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu seperti 30 hingga 60 hari saja. Pengumpulan dana berdasarkan sistem crowdfunding biasanya hanya dilakukan dengan platform online saja. Pemberian dana dalam crowdfunding juga memiliki keunikan tersendiri dan biasanya akan berbentuk token yang nantinya dapat dimanfaatkan kembali untuk mengakses projek yang akan didirikan.

  1. Untuk dapat meyakinkan setiap orang yang bergabung dengan penggalangan dana, maka creator perlu memberikan gambaran mendetail mengenai projek yang akan didirikan meliputi tujuan, manfaat, hingga pembagian alokasi dari dana yang terkumpul dari penggalangan dana.

Cara Kerja Crowdfunding

apa itu crowdfunding
apa itu crowdfunding

Apa itu crowdfunding tidak sebatas pada pengertian secara umumnya saja. Cara kerja dari sistem ini juga perlu diketahui agar siapa saja dapat berpartisipasi dalam penggalangan dana.

1. Donasi

Orang yang menggalang dana biasanya akan membuat sebuah campaign untuk menerima donasi. Campaign ini memiliki informasi secara terperinci dan detail mengenai proyek teknologi yang akan didirikan. Proyek juga akan memiliki peranan penting dalam merubah kebiasaan masyarakat dengan memberikan pemanfaatan teknologi yang lebih dominan.

Bisnis yang akan dilakukan harus di informasikan dengan semenarik mungkin agar dana yang dikumpulkan juga dapat memenuhi kebutuhan pembangunan proyek. Jumlah dana yang dibutuhkan juga harus disebutkan dengan jelas. Orang yang tertarik untuk memberikan dana akan melakukan donasi melalui platform online.

2. Pre Order

Cara kerja dari penggalangan dana memiliki konsep pre-order. Penggalang dana akan memberikan tawran tertentu mengenai jenis paket berdasarkan jumlah dana yang disumbangkan. Setelah paket dipilih oleh penyumbang dana kemudian transfer akan dilakkan. Dana yang berhasil dikumpulkan dalam periode tertentu akan digunakan untuk pengembangan proyek.

Creator juga dapat memberikan informasi peta jalan dari pengembangan proyek agar penggalang dana dapat mengetahui perkembangannya secara detail. Crowdfunding telah menjadi solusi pendanaan dengan sistem yang mudah untuk memperoleh dana pengembangan platform berteknologi. Digitalisasi telah membuat berbagai sistem untuk dapat dipermudah penggunaan dan pemanfaatannya. Salah satunya adalah pengembangan ekosistem dengan crowdfunding.

Apa itu crowdfunding Dalam Definisi Sederhana

Crowdfunding adalah:

  1. Penggalangan dana
  2. Pembiayaan oleh banyak orang
  3. Pengumpulan modal
  4. Pembelian investasi

Apa itu crowdfunding tidak menjadi pertanyaan lagi bukan? Sistem penggalanan dana terbaru dapat memberikan kemudahan dalam pembangunan proyek berteknologi. Sudah saatnya pemanfaatan teknologi dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin untuk mendukung keberlangsungan hidup manusia.

Leave a Comment