Apa yang dimaksud dengan Saham? Ini Penjelasan Mudahnya

Apa yang Dimaksud Dengan Saham – Menabung bukan hanya bisa dilakukan melalui celengan, rekening bank, dan tempat lainnya. Menabung juga bisa Anda lakukan melalui saham. Pertanyaannya, sudah tahukah Anda dengan adanya hal ini? Mungkin, kebanyakan orang belum mengetahuinya. Mari kita bahas apa yang dimaksud dengan saham dan bagaimana manfaatnya untuk kita sebagai media menabung.

Saham. Untuk sebagian orang, istilah ini akan sangat asing untuk didengar. Menyeramkan untuk sebagian orang. Yap. Memang betul adanya. Beberapa waktu lalu, bursa efek Indonesia (BEI) sudah mengenalkan kepada khalayak publik. Apa itu? Program yang disebut dengna tabung saham. BEI mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk menginvestasikan saham dengan rutin dan berkala.

Coba kita bahas sedikit lebih detil. Apa yang dimaksud dengan saham di artikel ini. Bisa dibilang, saham ialah bukti kepemilikan dari suatu perusahaan.

Jadi, kalau Anda membeli saham dari suatu perusahaan, secara otomatis Anda memiliki nilai dan menjadi pemilik perusahaan. Tapi perlu Anda ingat, Anda tidak bisa memiliki semua perusahaan. Hanya perusahaan khusus yang bisa Anda miliki. Lebih khususnya lagi, hanya perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Perusahaan yang tercatat di BEI ini disebut dengan nama perusahaan tercatat. Sebutan lainnya, adalah emiten.

Apa yang dimaksud dengan saham

Secara singkat, saham adalah produk keuangan. Pun, bisa dibilang juga, saham berarti merupakan pasar modal. Pasar modal, berarti tempat di mana bertemunya pembeli dan penjual. Siapa pembelinya? Tentu saja orang yang membutuhkan saran dan masukan untuk berinvestasi pada produk keuangan. Istilahnya adalah investor. Siapa penjualnya? Tentu saja orang yang membutuhkan suntikan dana dengan jangka panjang.

Apa yang Dimaksud Dengan Saham
Apa yang Dimaksud Dengan Saham

BEI adalah wadah. BEI adalah tempat di mana pelaku saham beraktivitas dagang. Memperjual belikan saham. BEI ialah tempat di mana transaksi jual beli ini terjadi. Indonesia memiliki tempat khusus, yaitu bursa efek Indonesia yang ada di Jakarta. Kantornya terletak di Gedung Bursa Efek Indonesia, Menara I, Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-53 Jakarta Selatan 12190, Indonesia. Telepon : 021 5150515 dan alamat website : www.idx.co.id

Saham dan Perusahaan Sekuritas

Ini adalah perusahaan yang memiliki izin dari pengawas pasar modal dengan jaminan untuk melakukan emisi efek. Perusahaan sekuritas ialah perusahaan perantara. Bisa dibilang juga sebagai broker perdagangan saham. Perusahaan sekuritas adalah jembatan antara investor dengan BEI. Ini adalah daftar perusahaan sekuritas yang sudah menjadi pendukung atau partner untuk menabung saham, antara lain:

  1. PT Asjaya Indosurya Securities
  2. PT Bahana Securities
  3. PT BCA Sekuritas
  4. PT BNI Securities
  5. PT Danareksa Sekuritas
  6. PT Daewoo Securities Indonesia
  7. PT Dhanawibawa Artha Cemerlang
  8. PT Erdikha Elit Sekuritas
  9. PT First Asia Capital
  10. PT Henan Putihrai Securities
  11. PT Indo Premier Securities
  12. PT Jasa Utama Kapital
  13. PT Kiwoom Securities Indonesia
  14. PT Kresna Securities
  15. PT Mandiri Sekuritas
  16. PT Maybank Kim Eng Securities
  17. PT Mega Capital Indonesia
  18. PT Minna Padi Investama
  19. PT MNC Securities
  20. PT NH Korindo
  21. PT NISP Sekuritas
  22. PT OSO Securities
  23. PT Pacific 2000 Securities
  24. PT Panin Sekuritas
  25. PT Phillip Securities Indonesia
  26. PT Phintraco Securities
  27. PT Profindo International Securities
  28. PT Reliance Securities
  29. PT RHB Securities Indonesia
  30. PT Sinarmas Sekuritas
  31. PT Sucorinvest Central Gani
  32. PT Trimegah Securities Tbk
  33. PT UOB Kay Hian Securities
  34. PT Valbury Securities

Kurang lebihnya, ada 34 perusahaan sekuritas yang bisa membantu Anda melakukan tabungan dengan saham di bursa efek Indonesia.

Leave a Comment