Angka Kemiskinan di Indonesia 2018 & Faktor yang Mempengaruhinya

Angka kemiskinan di Indonesia menjadi salah satu pokok bahasan yang hangat. Tinggi rendahnya angka kemiskinan dari beragam sudut yang akan dibahas di artikel ini.

Angka kemiskinan di Indonesia menjadi salah satu hal yang perlu dibenahi oleh pemerintah. Kemiskinan harusnya dapat diberantas dengan kebijakan yang dapat memihak kepada mayarakat dalam kategori miskin. Penurunan angka kemiskinan di Indonesia menjadi fokus utama Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bapenas.

Angka Kemiskinan di Indonesia

Disebutkan bahwa pemerintah merencanakan angka kemiskinan di tahun 2018 berada di kisaran 9,5-10 %. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi meningkatknya angka kemiskinan diantaranya adalah inflasi.

A. Faktor Yang Mempengaruhi Angka Kemiskinan di Indonesia

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi angka kemiskinan di Indonesia, diantaranya:

Inflasi

Ketika inflasi terjaga dan stabil maka akan menurunkan angka kemiskinan. Hal itu dibuktikan dengan adanya penurunan angka kemiskinan di tahun 2017. Tingkat inflasi dapat dijaga oleh pemerintah agar stabilitas harga dapat terkontrol. Tingkat inflasi di jaga terutama di momen lebaran. Selain inflasi, upah rill buruh tani yang meningkat juga menjadi hal yang dapat melatarbelakangi menurunnya persentasi kemiskinan. Buruh tani menjadi salah satu meta pencaharian yang paling banyak dijalani oleh tenaga kerja yang tergolong miskin.

Integrasi Program Penanggulangan Kemiskinan

Faktor yang mempengaruhi angka kemiskinan di Indonesia selanjutnya terletak pada integrasi program penanggulangan kemiskinan. Program ini menjadi tanggungjawab pemerintah sepenuhnya. Dengan program pemerintah yang bermaksud untuk menanggulangi kemiskinan maka angka kemiskinan dapat menurun dengan cepat. Angka kemiskinan selalu menjadi pekerjaan rumah yang perlu dikerjakan oleh pemerintah.

Usaha pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan adalah dengan melakukan reformasi pangan. Walaupun pemerintah sudah melakukan reformasi subsidi pangan dan energi namun pemberian subsidi yang tepat sasaran yang sesungguhnya dapat mengentaskan kemiskinan. Penyaluran bantuan harus hati-hati dan teliti agar tidak salah sasaran. Data tentang warga miskin juga harus selalu di update agar bantuan dapat sampai ke tangan yang tepat. Selama ini, penyaluran bantuan dinilai masih kurang tepat sasaran karena masih banyak rakyat yang tergolong mampu justru menerima bantuan dan yang kurang mampu tidak menerima bantuan.

B. Faktor Pendorong Tingginya Angka Kemiskinan di Indonesia

Tingginya angka kemiskinan di Indonesia tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

Faktor Geografis

Jika melihat dari kondisi geografis, Indonesia memiliki hamparan lahan yang luas. Hal itu menjadikan sebagian besar warga negara Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai petani. Untuk meningkatkan kesejahteraan, maka perlu adanya peningkatan hasil tani yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan harga jual dari hasil panen. Peningkatan kualitas hasil panen tentu perlu dilakukan dengan bimbingan dan arahan dari para ahli. Masyarakat di pedesaan cenderung menerapkan sistem pertanian konvensional. Peran pemerintah dalam meningkatkan kualitas pertanian dapat membantu meningkatkan kualitas dan jumlah hasil panen.

Faktor Kependudukan

Angka kemiskinan di indonesia
Angka kemiskinan di indonesia

Angka kemiskinan di Indonesia juga dipengaruhi oleh kurangnya lapangan pekerjaan yang mengakibatkan banyaknya pengangguran. Tidak adanya penghasilan untuk memenuhi kebutuhan akan membuat warga hidup dalam keterbatasan. Bimbingan untuk menjadi individu yang inovatif dalam memanfaatkan sumberdaya dapat membantu masyarakat untuk lebih kreatif. Dengan kreatifitas maka masyarakat dapat membangun suatu usaha yang dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

C. Faktor yang Menentukan Angka Kemiskinan di Indonesia

Dari pembahasan di atas maka kita bisa menarik kesimpulan yang ringkas, bahwa faktor yang berhubungan dengan angka kemiskinan di Indonesia adalah:

  1. Pendapatan per kapita warga
  2. Rasio ketergantungan warga yang tidak memiliki penghasilan
  3. Pertumbuhan ekonomi yang mendorong kesenjangan sosial
  4. Persentase tenaga kerja di bidang pertanian
  5. Kemiskinan yang dipengaruhi oleh penghasilan

Angka kemiskinan di Indonesia sedang diupayakan penurunannya oleh pemerintah. Jumlah angka kemiskinan yang selalu mengalami penurunan beberapa tahun terakhir menandakan bahwa usaha pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan telah membuahkan hasil. Sudah sewajarnya pemerintah memastikan kesejahteraan seluruh rakyatnya sehingga tidak ada istilah kemiskinan yang dilontarkan untuk warga negara yang kurang sejahtera.

Leave a Comment