Analisis SWOT Lengkap Versi PDF (Bisa Didownload)

Analisis SWOT sangat penting bagi pernencanaan strategis. Umumnya hal ini dipelajari dalam dunia akademis. Kini Anda bisa melihat studi kasus Analisis SWOT Versi PDF (Atau WEB). Untuk Mengunduh versi PDF, silahkan bisa langsung scroll ke bagian paling bawah artikel.

Analisis Swot Versi PDF

Dalam artikel singkat ini kita memberikan sedikit preview tentang Analisa SWOT dan Strategi SWOT.

Format Analisa Swot

Analisis SWOT secara garis besar dapat kita bagi menjadi 2 bagian penting, yaitu (pertama) lingkungan eksternal, dan (kedua) lingkungan internal. Ketika kita membuat analisa SWOT maka kita harus membagi menjadi 2 bagian tersebut. Berikut penjelasannya

I. Lingkungan Internal:

  1. Strength: Ialah hal-hal yang merupakan kelebihan dari sebuah perusahaan, dan tidak dimiliki pemain pasar lainnya.
  2. Weakness: Ialah hal-hal yang merupakan kekurangan dari sebuah bisnis, dan dapat mengancam posisi perusahaan di pasar.

II. Lingkungan Eksternal :

  1. Opportunity: Merupakan peluang yang ada dalam pasar yang dapat diraih dengan strength dari perusahaan.
  2. Threat: Merupakan ancaman perusahaan di pasar akibat dari weakness yang dimiliki perusahaan.

Semua aspek dari SWOT, Yaitu Strength, Weakness, Opportunity, Threat adalah saling berhubungan satu sama lain. Dengan saling menghubungkan antar aspek tersebut kita bisa menganalisis perusahaan lebih dalam lagi. Analisis ini disebut juga dengan SO, ST, WO, WT.

Analisis SWOT PDF
Analisis SWOT PDF

Strategi SWOT

Adapun penjelasan untuk Strategi SWOT (SO, ST, WO, dan WT) dari Perusahaan ialah sebagai berikut:

1.A. Strength to Opprtunities (SO): Di Bagian SO kita menjabarkan bagaimana hubungan kelebihan perusahaan dengan peluang pasar. Lebih tepatnya, strategi bagaimana kelebihan perusahaan dapat meraih peluang yang ada di pasar dan mengalahkan kompetitornya.

1.B. Strength to Threat (ST): Pada bagian ST kita menjelaskan bagaimana hubungan kelebihan perusahaan dengan ancaman pasar. Lebih tepatnya, strategi bagaimana kita dapat menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengalahkan ancaman yang ada di pasar, termasuk kompeitor.

2.A. Weakness to Opportunity (WO): Di Bagian WO kita menjabarkan bagaimana relasi antara kelemahan perusahaan dengan peluang pasar. Tepatnya, di sini kita membahas usaha apa yang harus kita hilangkan dari kelemahan, perusahaan agar kita bisa meraih peluang pasar.

2.B. Weakness to Threat (WT): Pada bagian ST kita menjelaskan bagaimana relasi antara kelemahan perusahaan dengan ancaman pasar. Yaitu kita membahas bagaimana kita menutupi kelemahan perusahaan kita, agar ancaman pasar tersebut tidak terealisasi dan menimpa perusahaan.

Download Makalah Analisis SWOT Versi PDF

Kita telah membahas format strategi SWOT di atas. Sekarang Anda bisa mendapatkan studi kasus Analisis SWOT dalam format PDF. Dalam Analisa SWOT PDF ini studi kasus yang diambil adalah perusahaan Telkomsel. Tidak hanya analisis SWOT saja, tapi juga dilakukan analisis strategi yang lainnya.

Silahkan Di Download: Strategi SWOT PDF

Jangan lupa pastikan ada pdf reader di komputer / HP Anda. Adapun untuk versi webnya, Anda bisa langsung cek di artikel kami: Analisis SWOT.

Leave a Comment