Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Deposito Mudharabah Pada Bank Mandiri Syariah

Berikut adalah contoh penelitian di bidang ekonomi islam, dengan judul: Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Deposito Mudharabah Pada Bank Mandiri Syariah

A. Background of Study

Bank syariah merupakan bank yang dalam menjalankan operasinya berdasarkan hukum islam. Semangat pembentukan perbankan syariah atas dasar menghindari transaksi-transaksi dalam perbankan yang mengandung unsur riba dan usaha-usaha yang masuk kategori haram lainnya. Bank syariah pertama sekaligus menjadi pelopor perbankan syariah di Indonesia adalah Bank Muamalat yang berdiri pada tahun 1991 hasil kerja Tim Perbankan MUI. Bank Syariah Mandiri (BSM) menjadi bank umum milik pemerintah pertama kali yang melakukan aktivitas operasionalnya berdasarkan prinsip syariah.

Dalam kesempatan ini, bahasan kami khususkan pada salah satu produk perbankan syariah khususnya Bank Syariah Mandiri Yaitu Deposito Mudharabah dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan atas produk tersebut. Suatu produk yang menggunakan akad mudharabah ini begitu penting. Allah SWT menciptakan manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan. Karena itu Allah membuat setiap insan memiliki kelebihan dan potensi yang berbeda. Ada orang yang memiliki cukup dana tetapi tidak memiliki keahlian dan atau tidak memiliki cukup waktu. Ada orang yang memiliki skill dan kemampuan tetapi tidak memiliki cukup dana. Berkumpulnya dua jenis orang ini dapat menjadi solusi permasalahan kedua pihak untuk saling bekerja sama dalam memperoleh keuntungan.

Dengan produk deposito mudharabah bank berusaha untuk menghimpun dana dari nasabah yang surplus dana kemudian menyalurkan kembali kepada nasabah yang defisit dana. Dengan nisbah bagi hasil antara bank dengan nasabah sesuai kesepakatan diawal. Semakin banyak jumlah nasabah yang menggunakan produk deposito mudharabah menunjukkan jika produk yang ditawarkan ini mendapat kepercayaan dari nasabah.

B. Research Questions

  • Apa faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan deposito mudharabah?
  • Bagaimana strategi BSM untuk meningkatkan jumlah investasi tabungan mudharabah pada nasabah?
  • faktor mana yang paling significant terhadap permintaan deposito mudharabah?

C. Limitation of the Study

  • Dalam studi ini kami membatasi penelitian pada seputar faktor-faktor permintaan deposito mudharabah di BSM cabang sentul.
  • Studi kami fokus pada permintaan deposito mudharabah oleh nasabah, sedangkan bagaimana praktek system produk ini apakah sesuai dengan prinsip syariah tidak termasuk dalam bahasan.

D. Significance of the Study

  • Perbankan syariah di Indonesia sekarang mengalami perkembangan yang pesat, dan bank syariah tidak bisa lepas dari produk-produk dengan akad mudharabah dengan tujuan investasi. Mudharabah sudah menjadi cirri khusus perbankan syariah. Oleh karena itu studi ini sangat bermanfaat bagi siapapun yang ingin mempelajari perbankan syariah.
  • Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan deposito mudharabah, kita dapat memahami apa alasan masyarakat memilih produk bank syariah khususnya deposito mudharabah.
  • Sebagai bahan masukan dalam proses pengembangan produk di perbankan syariah.

E. Previous Studies

  • Bagi hasil menurut terminologi asing (Inggris) dikenal dengan profit sharing. Profit Sharing dalam kamus ekonomi diartikan “distribusi beberapa bagian dari laba pada para pegawai dari suatu perusahaan”. Lebih lanjut dikatakan, bahwa hal itu dapat berbentuk suatu bonus uang tunai tahunan yang didasarkan pada laba yang diperoleh pada tahun-tahun sebelumnya, atau dapat berbentuk pembayaran mingguan atau bulanan (Muhamad, 2001).
  • Deposito mudharabah merupakan salah satu aplikasi dari prinsip mudharabah muthlaqah dalam kegiatan usaha perbankan. Deposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu menurut perjanjian antara penyimpan dengan bank yang bersangkutan.

Leave a Comment